Sukses


Timnas Indonesia Main di Malaysia, Iwan Bule Jalani Diplomasi Nasi Kebuli dengan Federasi Brunei pada Piala AFF 2022

Bola.com, Kuala Lumpur - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, melakukan diplomasi nasi kebuli dengan petinggi Persatuan Bola Sepak Brunei Darussalam (FABD) jelang duel Timnas Indonesia melawan Brunei pada Piala AFF 2022. Momen keakraban itu ditunjukkan saat kedua petinggi federasil duduk satu meja.

Mochamad Iriawan dan Deputi Presiden Sepak Bola Brunei (FADB), Haji Salleh Bostaman Haji Zainal Abidin menyantap nasi kebuli setelah Timnas Indonesia menggelar latihan resmi di KLFA Stadium, Minggu (25/12/2022). Sembari menyantap nasi kebuli, keduanya juga bertukar pikiran membicarakan perkembangan sepak bola kedua negara.

"Sembari menikmati nasi kebuli, saya dan orang nomor dua di FABD ini berbicara tentang banyak hal. Terkait perkembangan kedua federasi beberapa tahun belakangan ini, antara PSSI maupun FABD, dan lain-lain," kata Mochamad iriawan.

Momen antara kedua petinggi federasi itu memang jarang terjadi. Mengingat Timnas Indonesia jarang menghadapi Brunei Darussalam setelah terakhir pada 2017 pada Tsunami Cup.

 

2 dari 5 halaman

Beri Pujian

Mochamad Iriawan juga memberikan pujian terhadap FABD. Menurut pria yang karib disapa Iwan Bule ini, sepak bola Brunei semakin berkembang dalam beberapa tahun terakhir. Itu dibuktikan dengan lolos ke Piala AFF 2022 setelah terakhir pada 26 tahun.

"Saya sangat salut dan menaruh hormat yang setinggi-tingginya dengan saudara-saudara kita di FABD yang terus konsisten mengembangkan persepakbolaan Brunei," ujar Iriawan.

"Meski dalam gelaran AFF mereka harus melaksanakan pertandingan home di negara orang, namun semangat juangnya tetap demikian tinggi. Ini yang harus kita contoh. Semangat juang yang tak terkira di tengah segala keterbatasan yang ada," tegas Iriawan.

 

3 dari 5 halaman

Hanya di Lapangan

Sementara itu, Haji Salleh Bostaman Haji Zainal Abidin menyambut antusias jamuan makan malam bersama Mochamad Iriawan. Menurut dia, ini menjadi momen kekeluargaan mengingat Indonesia dan Brunei satu rumpun.

"Di lapangan kita musuh, akan tetapi di luar kita bersaudara, kita serumpun," tegas Haji Salleh Bostaman Haji Zainal Abidin.

Laga melawan Timnas Indonesia akan krusial buat Brunei Darussalam. Pasukan Mario Rivera bertekad mengincar kemenangan perdana setelah dua pertandingan Grup A Piala AFF 2022 yang dimainkan berakhir dengan kekalahan.

4 dari 5 halaman

Klasemen dan Jadwal Pertandingan

 Klasemen Grup A

Pos Tim M K S Poin
1 Thailand 1 0 0 3
2 Filipina
3 Indonesia
4 Kamboja 1 1
5 Brunei 0 2 0 0

Jadwal dan Hasil Pertandingan Grup A

Kamboja Vs Filipina (3 - 2)

Brunei Vs Thailand (0 - 5)

Filipina Vs Brunei (5 - 1)

Indonesia Vs Kamboja (2 - 1)

Brunei Vs Indonesia

Thailand Vs Filipina

Kamboja Vs Brunei

Indonesia Vs Thailand

Thailand Vs Kamboja

Filipina Vs Indonesia

 

Klasemen Grup B

Pos Tim M K S Poin
1 Malaysia 2 6
2 Vietnam
3 Singapura 1 3
4 Myanmar 0 2
5 Laos 0 2 0 0

Jadwal dan Hasil Pertandingan Grup B

Myanmar Vs Malaysia (0 - 1)

Laos Vs Vietnam (0 - 6)

Singapura Vs Myanmar (3 - 2)

Malaysia Vs Laos (6 - 0)

Laos Vs Singapora

Vietnam Vs Malaysia

Myanmar Vs Laos

Singapora Vs Vietnam

Vietnam Vs Myanmar

Malaysia Vs Singapora

 

5 dari 5 halaman

Liputan Khusus Piala AFF 2022

<p>Liputan Eksklusif - Piala AFF 2022 dari Malaysia - Zulfirdaus Harahap (Bola.com/Adreanus Titus)</p> 

Nikmati sajian liputan Piala AFF 2022 Bola.com langsung dari Malaysia. Yuk ikuti, klk tautan ini. 

Video Populer

Foto Populer