Sukses


Piala AFF 2022: Theerathon Bunmathan Tegaskan Thailand Siap Hadapi Timnas Indonesia di GBK

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan menjamu Thailand pada laga ketiga Grup A Piala AFF 2022. Duel kedua tim akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta pada Kamis (29/12/2022) petang WIB.

Pertandingan tersebut sangat krusial bagi Timnas Indonesia dan juga Thailand. Raihan tiga poin akan menjaga asa untuk kelolosan ke semifinal Piala AFF 2022.

Saat ini, Timnas Thailand berada di puncak Grup A. Mereka mengoleksi enam poin hasil dari dua kemenangan, sama seperti yang dimiliki Tim Garuda. Namun, The War Elephant unggul dalam hal selisih gol.

Pemain senior Thailand, Theerathon Bunmathan menyatakan timnya siap menghadapi Timnas Indonesia di SUGBK. Ia menyebut Thailand akan tampil maksimal demi membungkam Indonesia.

"Pertandingan melawan Timnas Indonesia. Saya pikir itu salah satu permainan yang harus kami lalui. Tidak peduli siapa yang kita temui Kami harus mencoba memainkan gaya kami. Kami tidak peduli siapa lawannya. Kami harus bermain dengan gaya kami sendiri," ujar Bunmathan dilansir dari Matichon.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Kekuatan Kolektif

Timnas Thailand sudah meraih enam gelar juara Piala AFF. Namun, The War Elephant masih berambisi meraih gelar yang lain pada tahun ini.

Hal itu terlihat dari komentar Theeraton Bunmathan. Pemain yang lama bermain di J League itu menyatakan, Thailand membutuhkan kekuatan kolektif untuk meraih kesuksesan di Piala AFF 2022.

“Kami tahu kami membutuhkan kekuatan semua orang. Itu yang membuat tim kami terus maju," tegasnya.

3 dari 5 halaman

Suasana Mendukung

Timnas Thailand tampil tanpa beberapa pemain bintang di Piala AFF 2022. Termasuk dua bintang mereka yang berlaga di Jepang, yakni Chanathip Songkrasin dan Supachok Sarachat.

Meski demikian, Theeraton Bunmathan tetap percaya diri dengan kekuatan timnya. Suasana ruang ganti skuad Mano Polking disebut sangat baik.

"Ruang ganti kami memiliki suasana yang baik. Meski banyak orang mungkin menganggap tim ini tidak bagus," katanya.

"Saya pikir tim tini memiliki kerja sama tim untuk membantu dukungan dalam banyak hal, menjadikannya tim terbaik di turnamen ini," tandas Theerathon Bunmathan.

4 dari 5 halaman

Peran Baru

Theeraton Bunmathan selama ini dikenal sebagai bek kiri. Bahkan, ia sempat menyandang status sebagai bek kiri terbaik di Asia Tenggara.

Namun, di usianya yang sudah 32 tahun, kecepatan Bunmathan mulai berkurang. Mano Polking pun melihat potensi lain dari Bunmathan.

Pada Piala AFF 2022, Theerathon Bunmathan tak jarang dimainkan di posisi tengah. Tepatnya sebagai gelandang bertahan.

Sekalias peran itu mirip seperti peran yang pernah diemban Phillip Lahm di Bayern Munchen ketika ditukangi Pep Guardiola.

5 dari 5 halaman

Klasemen dan Hasil Grup A Piala AFF 2022:

 Klasemen Grup A

Pos Tim M K S Poin dan selisih gol
1 Thailand 2 0 0 6 (9-0, 9)
2 Indonesia 6 (9-1, 8)
3 Kamboja  1 1 3 (4-4, 0)
4 Kamboja 1 2 3 (7-8, -1)
5 Brunei 0 3 0 0 (1-17, -16)

Jadwal dan Hasil Pertandingan Grup A

20 Desember 2022

  • Kamboja Vs Filipina (3 - 2)
  • Brunei Vs Thailand (0 - 5)

23 Desember 2022

  • Filipina Vs Brunei (5 - 1)
  • Indonesia Vs Kamboja (2 - 1)

26 Desember 2022

  • Brunei Vs Indonesia (7 - 0)
  • Thailand Vs Filipina (4 - 0)

29 Desember 2022

  • Kamboja Vs Brunei
  • Indonesia Vs Thailand

2 Januari 2022

  • Thailand Vs Kamboja
  • Filipina Vs Indonesia

Video Populer

Foto Populer