Sukses


Head to Head Kapten Timnas Indonesia Vs Thailand di Piala AFF 2022: Antara Leadership dan Kualitas

Bola.com, Jakarta - Duel klasik di Asia Tenggara akan tersaji pada partai ketiga Grup A Piala AFF 2022. Timnas Indonesia akan bertemu Thailand di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (29/12/2022) sore WIB.

Kedua tim sama-sama sudah mengumpulkan enam poin dan mencetak sembilan gol dalam dua laga. Namun, Tim Garuda berada di urutan kedua karena kebobolan satu gol, sedangkan Thailand yang menghuni posisi teratas belum ada kemasukan.

Kali ini, Bola.com mengulas peran kapten tim kedua negara. Fachruddin Aryanto di kubu Timnas Indonesia dan Theerathon Bunmathan di pihak Thailand.

Dua kapten itu punya ciri khas masing-masing dalam memimpin tim. Itu terlihat dari performa keduanya di Piala AFF tahun ini.

Fachruddin baru tampil dalam satu laga, yakni ketika Timnas Indonesia bersua Kamboja pada partai pembuka Grup A. Saat pertandingan kedua kontra Brunei Darussalam, pelatih Shin Tae-yong melakukan rotasi dan tidak memasangnya.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Kapten yang Disegani

Meski demikian, Fachruddin merupakan sosok kapten yang disegani dan juga memiliki jiwa leadership. Sang bek menjadi pemain tertua kedua di Timnas Indonesia. Usianya sudah 33 tahun, dua tahun lebih muda dari striker naturalisasi, Ilija Spasojevic.

Fachruddin sudah 10 tahun mendapat kesempatan membela Tim Garuda. Namanya hampir selalu ada dalam setiap even yang diikuti Indonesia.

Dari semua pemain yang dibawa di Piala AFF, dia memiliki caps paling banyak, yakni 49 pertandingan. Jiwa leadership Fachruddin juga terasah di klub, karena menjabat sebagai kapten Madura United.

 

3 dari 6 halaman

Mendongkrak Semangat Rekan Setim

Hanya saja di Piala AFF 2022, Fachruddin Aryanto untuk pertama kalinya tampil dengan tandem barunya, Jordi Amat. Sehingga dia agak canggung dan butuh adaptasi.

Kemungkinan pada pertandingan lawan Thailand, sisi kepemimpinannya akan lebih terlihat. Apalagi, tensi pertandingan ini juga berbeda dengan partai melawan Kamboja atau Brunei Darussalam.

Fachruddin bisa memberikan semangat tambahan kepada rekan-rekannya. Ada kalanya dia mengingatkan pemain lain untuk bisa lebih fokus dan mengendalikan emosi.

 

4 dari 6 halaman

Berkualitas dan Multiposisi

Adapun di kubu Thailand, Theerathon Bunmathan, adalah pemain yang memiliki kualitas di atas rata-rata. Secara pengalaman dan figur panutan, sebenarnya masih ada Teerasil Dangda di Timnas Thailand.

Namun entah mengapa Theerathon yang dipilih setelah kapten sebelumnya, Chanathip Songkrasin tidak tampil di ajang ini.

Yang jelas, dari segi permainan, Theerathon Bunmathan punya kualitas. Selain itu, dia bisa bermain di beberapa posisi, mulai dari bek kiri hingga gelandang.

Dia tidak hanya kuat dalam bertahan, tetapi punya kelebihan lain dengan umpan-umpannya yang akuran ke dalam kotak penalti lawan.

 

5 dari 6 halaman

Bisa Repotkan Fachruddin

Saat ini, pemain berusia 32 tahun itu sudah membuat tiga assist di Piala AFF. Itu jadi yang tertinggi di turnamen ini.

Theerathon bisa melepaskan crossing dari lebar lapangan atau tendangan bebas. Ini jadi makanan empuk bagu Teerasil Dangda dan Adisak Kraisorn yang punya kemampuan heading bagus.

Jadi, secara langsung Theerathon Bunmathan bisa merepotkan posisi Fachruddin. Kapten Indonesia tersebut bisa dibuat sibuk untuk menghalau umpan-umpan akurat gelandang Buriram United itu.

6 dari 6 halaman

Klasemen dan Hasil Grup A Piala AFF 2022

 Klasemen Grup A

Pos Tim M K S Poin dan selisih gol
1 Thailand 2 0 0 6 (9-0, 9)
2 Indonesia 2  0  0  6 (9-1, 8)
3 Kamboja  1 1 0  3 (4-4, 0)
4 Kamboja 1 2 0  3 (7-8, -1)
5 Brunei 0 3 0 0 (1-17, -16)

Jadwal dan Hasil Pertandingan Grup A

20 Desember 2022: 

  • Kamboja Vs Filipina (3 - 2)
  • Brunei Vs Thailand (0 - 5)

23 Desember 2022: 

  • Filipina Vs Brunei (5 - 1)
  • Indonesia Vs Kamboja (2 - 1)

26 Desember 2022: 

  • Brunei Vs Indonesia (7 - 0)
  • Thailand Vs Filipina (4 - 0)

29 Desember 2022: 

  • Kamboja Vs Brunei
  • Indonesia Vs Thailand

2 Januari 2022: 

  • Thailand Vs Kamboja
  • Filipina Vs Indonesia
Timnas Indonesia Masih Punya Peluang ke Olimpiade 2024

Video Populer

Foto Populer