Sukses


Semifinal Piala AFF 2022: Awas! Ambisi Vietnam Mengejar Rekor Pertemuan Kontra Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia dipastikan akan bentrokan dengan Vietnam pada semifinal Piala AFF 2022. Di babak empat besar ini format pertandingan memakai sistem kandang dan tandang.

Pasukan Garuda akan bertindak sebagai tuan rumah lebih dulu pada leg pertama yang bakal digelar di SUGBK, Jumat (6/1/2023). Berselang tiga kemudian, giliran Fakhruddin Ariyanto dkk. melawat ke Vietnam.

Timnas Indonesia harus bertemu dengan Vietnam, setelah anak asuh Shin Tae-yong menempati runner-up Grup A dengan koleksi sepuluh poin. Sebenarnya perolehan poin tim Merah-putih sama dengan Thailand, namun masih kalah selisih gol.

Sedangkan Vietnam menjadi juara Grup B dengan poin sama seperti milik Timnas Indonesia. Sementara partai semifinal lainnya mempertemukan Thailand kontra Malaysia.

2 dari 6 halaman

Gagal Hindari Vietnam

Sejak awal penyisihan Grup A, sebenarnya Indonesia berusaha keras meraih poin sebanyak mungkin untuk mengindari bertemu Vietnam. Tapi apa lacur, Indonesia gagal keluar sebagai juara grup. Poin akhir Indonesia dengan Thailand sama sepuluh, tapi kita kalah selisih porduktifitas gol.

Nasi sudah menjadi bubur. Berikutnya, bagaimana STY meramu taktik dan strategi terbaik agar mampu mengalahkan Vietnam di semifinal.

3 dari 6 halaman

Unggul Rekor Pertemuan

Jika melihat rekor pertemuan Indonesia dengan Vietnam, seharusnya kita bisa sedikit bangga. Dari 24 pertemuan di berbagai ajang internasional dihitung sejak SEA Games 1991, Indonesia mencatat sembilan kali menang, sembilan seri, dan enam kali kalah.

Yang menarik, hasil pertandingan sering berakhir dengan selisih gol tipis. Indonesia sekali menggebuk telak Vietnam 3-0 di Piala AFF 2004. Tapi Vietnam dua kali membalas kekalahan cukup telak pada kualifikasi Piala Dunia masing-masing dengan skor 3-1 dan 4-0 pada 2021 lalu.

4 dari 6 halaman

Kalah Mental

Di level regional Asia Tenggara, selain Vietnam ada Thailand dan Malaysia yang selama ini dianggap musuh terberat Indonesia. Sebenarnya seperti apa kekuatan Vietnam sampai Indonesia seolah ketakutan?

Jika menoleh ke belakang pada Piala Tiger 1998 lalu, Indonesia seolah kalah mental sebelum menghadapi Vietnam. Gegara tak ingin bertemu Vietnam di semifinal, Indonesia melakukan praktik sepakbola gajah dengan menjebol gawang sendiri saat melawan Thailand yang berakhir 2-1.

5 dari 6 halaman

Pelatih Berkarakter

Pamor Vietnam makin mengkilap sejak ditangani pelatih asal Korsel, Park Hang-seo. Seolah tak mau kalah, Indonesia pun mengontrak Shin Tae-yong guna mengimbangi tangan dingin Park Hang-seo. Namun dari lima duel terakhir, timnas Indonesia hanya menang sekali, imbang sekali dan kalah tiga kali.

Artinya, Vietnam pasti ingin memperbaiki rekor pertemuan dengan Indonesia lewat semifinal Piala AFF 2022 ini.

6 dari 6 halaman

Jadwal Timnas Indonesia di Semifinal Piala AFF 2022

Semifinal Piala AFF 2022

Jumat, 6 Januari 2022

  • Timnas Indonesia Vs Vietnam
  • Kick-off: 16.30 WIB
  • Venue: Stadion Utama Gelora Bung Karno

Senin, 9 Januari 2022

  • Vietnam Vs Timnas Indonesia
  • Kick-off: 19.30 WIB
  • Venue: My Dinh National Stadium

Video Populer

Foto Populer