Sukses


BRI Liga 1: Klausul Khusus Pemecatan Pelatih di Arema FC Sudah Tak Berlaku untuk Javier Roca

Bola.com, Malang - Masa depan pelatih Arema FC, Javier Roca, sempat jadi pembahasan setelah timnya menelan dua kekalahan beruntun di BRI Liga 1, yakni kontra Madura United (20/12/2022) dan Bhayangkara FC (23/12/2022).

Ketika menandatangani kontrak sebagai pelatih Arema pada pekan ke-9 BRI Liga 1, ada klausul khusus untuk Roca. Jika Tim Singo Edan menelan tiga kekalahan beruntun di liga, pelatih asal Chile itu memiliki dua opsi, mundur dari jabatannya atau didepak manajemen.

Artinya, jika Arema FC kembali menelan kekalahan dalam laga selanjutnya, lawan Borneo FC pada 16 Januari, klausul khusus itu bakal berlaku. Namun ternyata, klausul itu sudah tidak aktif lagi.

Tepatnya setelah Presiden Arema, Gilang Widya Pramana dan Manajer Tim, Ali Rifki mundur dari jabatannya. Manajer baru Arema, Wiebie Dwi Andriyas, menyebut jika klausul khusus tersebut sudah tidak diberlakukan lagi.

"Kalau itu (pelatih dipecat jika kalah tiga kali beruntun) aturan dengan manajemen Arema FC yang lama. Sekarang, kami tetap kasih kesempatan untuk coach Roca," katanya.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Mencari Solusi

Kesepakatan tersebut sesuai dengan ucapan Javier Roca. Sebelumnya, sang pelatih optimistis posisinya masih aman pada putaran kedua Liga 1, karena sudah memberikan dampak positif dengan membawa Arema FC meraih empat kemenangan beruntun pada Desember lalu.

Justru kini manajemen bersama tim pelatih ingin mencari solusi yang menyebabkan Arema FC menelan kekalahan dalam dua laga terakhir putaran pertama. Padahal, secara taktikal sebenarnya tidak banyak perubahan yang dilakukan.

"Ketika kami kalah, secara permainan sebenarnya di lapangan sudah bagus. Tetapi semuanya masih perlu untuk ditingkatkan sebelum putaran kedua dimulai," kata Javier Roca.

 

3 dari 5 halaman

Beda Kontrak Pemain

Ketika klausul khusus untuk pelatih dihapus, tidak demikian dengan kontrak pemain. Manajemen baru Arema tidak bisa mengutak-atik kontrak pemain. Manajemen menghormati kontrak pemain yang minimal masih berjalan hingga akhir musim ini.

"Kalau klausus khusus untuk pelatih tidak berlaku. Tetapi untuk kontrak pemain, masih mengikuti manajemen lama. Sepertinya semua dipertahankan," jelas Wiebie.

Pada intinya, manajemen baru Arema ingin mempertahankan komposisi tim saat ini. Baik pelatih maupun pemain. Mereka optimistis tim ini masih bisa dapat hasil yang lebih baik pada putaran kedua. Saat ini, Arema FC berada di posisi 7 dengan 26 poin.

 

4 dari 5 halaman

Lima Pertandingan Terakhir Arema FC di BRI Liga 1:

11/12/22 Arema FC 2 - 1 Persis Solo

14/12/22 Persikabo 1973 0 - 1 Arema FC

17/12/22 Arema FC 2 - 0 Persita

20/12/22 Arema FC 0 - 2 Madura United

23/12/22 Bhayangkara FC 1 - 0 Arema FC

5 dari 5 halaman

Simak Posisi Klub Favorit Kamu di Bawah Ini:

Video Populer

Foto Populer