Sukses


5 Pemain Timnas Indonesia Berstatus Raja Tekel di Piala AFF 2022: Lengkap di Semua Posisi

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia ternyata memiliki sejumlah pemain yang tersebar di hampir semua posisi yang mampu melakukan tekel sukses dengan jumlah yang melimpah di Piala AFF 2022.

Setidaknya, dari total empat pertandingan Timnas Indonesia di Grup A Piala AFF 2022, terdapat lima nama pemain dari berbagai posisi yang mencatatkan tekel sukses tertinggi.

Pemain dengan status ‘Raja Tekel’ ini tak hanya beroperasi di sektor pertahanan saja, tetapi juga nama-nama yang wilayah edarnya di lini serang.

Hal ini turut membuktikan bahwa seluruh anggota skuad Garuda ikut membantu pertahanan ketika menghadapi gempuran serangan lawan.

Tak hanya itu, para pemain ini juga ikut menyumbang catatan apik Timnas Indonesia yang berhasil mencatatkan persentase kesuksesan tekel sebesar 65%, atau tertinggi kedua setelah Singapura dengan 66%.

Setidaknya, ada lima nama pemain yang memiliki jumlah tekel sukses tertinggi di skuad Garuda. Berikut Bola.com menyajikan nama-namanya.

2 dari 7 halaman

Ilija Spasojevic (3 Tekel Sukses)

Dibandingkan dengan seluruh nama pemain dalam daftar ini, Ilija Spasojevic memang menjadi satu-satunya penyerang. Namun, ternyata catatan tekel suksesnya cukup tinggi.

Sebab, Spaso mampu mengumpulkan tiga kali tekel sukses. Jumlah yang sama sebetulnya juga dicatatkan oleh Rachmat Irianto dan Edo Febriansyah.

Bedanya, striker naturalisasi Bali United itu punya persentase kesuksesan 100%. Artinya, semua tekel yang dilakukan pemain asal Montenegro itu selalu berhasil. Striker berusia 35 tahun ini juga mencatat satu blok dan satu intersep.

3 dari 7 halaman

Marc Klok (4 Tekel Sukses)

Untuk lini tengah, pemain Timnas Indonesia dengan catatan tekel sukses tertinggi ialah Marc Klok. Catatan ini memang membuktikan bahwa ia punya atribut defensif yang mumpuni.

Sebab, dari total lima tekel, empat di antaranya berhasil. Dengan kata lain, persentase tekel sukses yang dibukukan pemain kelahiran Belanda itu mencapai 80%.

Atribut defensif lainnya yang dicatatkan oleh gelandang Persib Bandung ini adalah dua kali sapuan (clearances) dan lima intersep (intercept).

4 dari 7 halaman

Marselino Ferdinan (4 Tekel Sukses)

Marselino Ferdinan ternyata juga membuktikan bahwa dirinya tak hanya piawai menjadi gelandang serang, tetapi juga mampu membantu pertahanan.

Sebab, catatan tekel sukses yang dibukukan pemain berusia 18 tahun ini juga menyamai milik Marc Klok, yakni empat tekel sukses dengan persentase keberhasilan mencapai 80%.

Tak hanya itu, kontribusi defensif lainnya yang dicatatkan pemain Persebaya Surabaya ini ialah satu sapuan dan satu intersep.

5 dari 7 halaman

Asnawi Mangkualam (5 Tekel Sukses)

Peran Asnawi Mangkualam sebagai bek kanan Timnas Indonesia sejauh ini cukup memuaskan, meski masih ada sejumlah catatan yang perlu diperbaiki.

Salah satu kontribusi terbesarnya berada dalam aspek tekel sukses yang mencapai lima kali. Namun, persentasenya hanya mencapai 62,5 persen. Artinya, dari delapan kali tekel lima di antaranya berhasil.

Asnawi juga punya sederet kontribusi di sektor pertahanan, mulai dari enam kali sapuan, satu blok, dan tiga intersep.

6 dari 7 halaman

Saddil Ramdani (6 Tekel Sukses)

Dari seluruh nama pemain yang ada, Saddil Ramdani menjadi peraih tekel tersukses tertinggi di skuad Timnas Indonesia selama fase penyisihan grup Piala AFF 2022.

Sebab, dari total empat penampilannya yang berlangsung selama 225 menit, Saddil sukses melakukan enam kali tekel sukses. Persentasenya sangat impresif, yakni 100%.

Artinya, seluruh tekel yang dilakukan pemain Sabah FC ini berhasil. Tak hanya itu, Saddil yang kerap turun membantu pertahanan juga berhasil menciptakan tiga kali intersep.

7 dari 7 halaman

Jadwal Timnas Indonesia Vs Vietnam di Babak Semifinal Piala AFF 2022

Leg Pertama

  • Jumat, 6 Januari 2022
  • Timnas Indonesia Vs Vietnam
  • Kick-off: 16.30 WIB
  • Venue: Stadion Utama Gelora Bung Karno

Leg Kedua

  • Senin, 9 Januari 2022
  • Vietnam Vs Timnas Indonesia
  • Kick-off: 19.30 WIB
  • Venue: My Dinh National Stadium

Video Populer

Foto Populer