Sukses


Piala AFF 2022: Muncul Desakan Penggunaan VAR Seusai Malaysia Kalahkan Thailand, Ada Apa?

Bola.com, Jakarta - Malaysia berhasil memanfaatkan dukungan suporter di Stadion Bukit Jalil untuk mengalahkan Thailand pada leg pertama semifinal Piala AFF 2022, Sabtu (7/1/2023). Pada saat bersamaan, muncul desakan untuk penggunaan VAR.

Malaysia menang 1-0 berkat lesakkan Faisal Halim menit 11'. Itu merupakan serangan pertama tuan rumah yang berujung peluang emas dan berbuah gol.

Ya, sepanjang pertandingan, Thailand berhasil mendominasi pertandingan atas Malaysia. Hanya saja, Negeri Jiran lebih efektif dalam melakukan serangan.

Thailand terus berupaya menyamakan kedudukan selama 90 menit pertandingan. Akan tetapi, Malaysia berhasil mempertahankan kemenangan dan ini jadi modal bagus buat mereka menjelang leg kedua nanti.

Terlepas dari hasil pertandingan tersebut, kepemimpinan wasit asal Korea Selatan, Kim Dae-yong, sangat disoroti. Ada setidaknya dua insiden yang patut diperdebatkan, sehingga muncul desakan dari netizen untuk penggunaan VAR di Piala AFF 2022.

2 dari 9 halaman

Gol Kedua Malaysia Dianulir

Pada pertengahan babak kedua, tepatnya menit 57', Malaysia sebetulnya mampu menambah gol melalui Dominic Tan. Para pemain juga sudah melakukan selebrasi.

Namun demikian, setelah wasit Kim Dae-yong berbincang dengan asisten wasit, gol Tan tidak disahkan.

Setidaknya ada dua hal yang perlu ditinjau. Yang pertama, keputusan wasit menganulir gol tersebut karena adanya pelanggaran.

Dalam tayangan ulang, terlihat justru pemain Thailand lah yang menghalangi pergerakan kiper. Jika ada VAR, mungkin wasit bisa meninjau ulang insiden ini.

Yang kedua, jika ada VAR, bola sundulan Tan bisa diketahui apakah sudah melewati garis gawang atau belum. Sebab, posisi bola yang melayang sebelum dihalau bek Thailand membuat hakim garis pun sulit untuk melakukan tinjauan.

3 dari 9 halaman

Penalti untuk Thailand

Pada menit-menit akhir pertandingan, tepatnya menit 84', ada kejadian yang seharusnya berpotensi penalti. Tekel Iszuan kepada pemain Thailand, Bordin Phala, terlihat tidak mengenai bola, namun wasit tidak menunjuk titik putih.

Para pemain Thailand sontak melakukan protes keras, tetapi Kim Dae-yong bergeming saja. Mungkin hal lain bakal terjadi jika diberlakukan penggunaan VAR.

Hal positif yang bisa dipetik adalah bagaimana pemain Thailand tidak emosional dan menumpahkan kekecewaan dengan cara buruk. Bahkan Iszuan meminta maaf kepada Phala seusai insiden tersebut.

4 dari 9 halaman

AFF Need Var

5 dari 9 halaman

VAR Tingkatkan Kualitas AFF

6 dari 9 halaman

Wajib VAR

7 dari 9 halaman

Ubah Format?

8 dari 9 halaman

Wasitnya Enggak Beres

9 dari 9 halaman

Jadwal Semifinal Piala AFF 2022

Leg I

Jumat, 6 Januari 2023

  • Timnas Indonesia vs Vietnam 0-0

Sabtu, 7 Januari 2023

  • Malaysia vs Thailand 1-0

Leg II

Senin, 9 Januari 2023

  • Pukul 19.30 WIB: Vietnam vs Timnas Indonesia (Stadion My Dinh, Hanoi)

Selasa, 10 Januari 2023

  • Pukul 19.30 WIB: Thailand vs Malaysia (Stadion Thammasat, Pathum Thani)

Video Populer

Foto Populer