Sukses


Perbururan Top Scorer Piala AFF 2022: Teerasil Dangda Mendapatkan Tantangan dari CR7-nya Malaysia

Bola.com, Jakarta - Teerasil Dangda masih duduk di puncak daftar top scorer Piala AFF 2022. Legenda Timnas Thailand itu sudah mencetak lima gol sejauh ini.

Namun, Dangda patut was-was. Kini ia hanya berjarak satu gol saja dari winger Timnas Malaysia, Faisal Halim.

Pemain yang dijuluki Cristiano Ronaldo-nya Malaysia itu mencetak satu-satunya gol kemenangan Harimau Malaya pada laga semifinal leg pertama Piala AFF 2022 melawan Thailand, Sabtu (7/1/2023).

Pada laga yang berlangsung di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur itu, Dangda sebenarnya mendapatkan beberapa peluang. Namun, pemain 34 tahun itu gagal mencetak gol.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Tien Linh dan Wilkin Mengintip

Teerasil Dangda dan Faisal Halim bisa dikatakan memiliki peluang yang paling besar untuk menjadi pencetak gol terbanyak di pagelaran Piala AFF 2022.

Namun, dua nama lain sedang mengintip peluang yang sama. Mereka adalah penyerang Timnas Vietnam, Nguyen Tien Linh dan gelandang serang Timnas Malaysia, Stuart Wilkin.

Dua pemain itu sama-sama sudah mencetak tiga gol di Piala AFF 2022. Tien Linh tentu sangat berpeluang dan termotivasi untuk menambah gol.

Vietnam diketahui akan menjamu Timnas Indonesia pada leg kedua semifinal Piala AFF 2022, Senin (9/1/2023) di Stadion My Dinh, Hanoi.

3 dari 5 halaman

Berat Bagi Pemain Timnas Indonesia

Pemain Timnas Indonesia bukannya tidak punya peluang untuk meraih gelar top scorer Piala AFF 2022. Marc Klok, Egy Maulana Vikri dan Dendy Sulistyawan sama-sama sudah mencetak dua gol pada ajang itu.

Namun, perjuangan mereka untuk meraih gelar top scorer tampaknya akan sangat sulit. Tidak ada satupun dari ketiganya yang merupakan soerang striker murni.

Bahkan, Klok sejatinya adalah gelandang bertahan. Sementara Dendy yang kerap didapuk sebagai penyerang tengah merupakan seorang winger atau second striker.

Namun, peluang itu tak sepenuhnya tertutup. Bisa saja satu dari ketiga pemain di atas membuat kejutan pada laga leg kedua semifinal nanti.

4 dari 5 halaman

Sulit Digeser

Jika nanti gagal menjadi top scorer Piala AFF 2022, Teerasil Dangda tetap akan sulit digeser dari posisinya sebagai raja gol Asia Tenggara.

Sejauh ini eks penyerang Almeria ini sudah mencetak 24 gol di Piala AFF. Pemain yang paling mendekati capaian Dangda adalah Noh Alam Shah dengan 17 gol.

Alam Shah sudah lama pensiun. Pemain aktif yang paling mendekati pencapaian Dangda adalah rekan setimnya saat ini di Timnas Thailand, Adisak Kraisorn.

Penyerang yang belakangan berkarier di Liga Super Malaysia ini sudah mencetak 12 gol di Piala AFF. Catatan gol serupa juga berhasil ditorehkan legenda Indonesia, Bambang Pamungkas.

5 dari 5 halaman

Jadwal Semifinal Piala AFF 2022

Leg I

Jumat, 6 Januari 2023

  • Timnas Indonesia vs Vietnam 0-0

Sabtu, 7 Januari 2023

  • Malaysia vs Thailand 1-0

Leg II

Senin, 9 Januari 2023

  • Pukul 19.30 WIB: Vietnam vs Timnas Indonesia (Stadion My Dinh, Hanoi)

Selasa, 10 Januari 2023

  • Pukul 19.30 WIB: Thailand vs Malaysia (Stadion Thammasat, Pathum Thani)
Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer