Sukses


Tumbang dari Vietnam, Timnas Indonesia Catatkan Statistik Tembakan Terburuk Sepanjang Piala AFF 2022

Bola.com, Jakarta - Statistik tembakan yang dicatatkan Timnas Indonesia saat tumbang dari Vietnam pada pertandingan leg kedua fase semifinal Piala AFF 2022 tercatat sebagai yang terburuk sepanjang turnamen kali ini.

Buruknya statistik tembakan ini juga semakin menegaskan bahwa Timnas Indonesia sama sekali tak mampu menciptakan ancaman yang berarti ke gawang Vietnam pada laga leg kedua semifinal Piala AFF 2022.

Di sisi lain, tim tuan rumah membukukan sejumlah ancaman yang berbahaya sehingga mampu menumbangkan skuad Merah Putih dua gol tanpa balas untuk melaju ke final.

Dua gol skuad The Golden Star pada pertandingan ini seluruhnya diborong oleh striker andalan mereka, Nguyen Tien Linh, masing-masing pada menit ke-3 dan 47’.

2 dari 4 halaman

Tanpa Shot On Target

Salah satu catatan menyedihkan dari statistik penampilan skuad asuhan Shin Tae-yong pada pertandingan ini ialah tidak adanya tembakan yang menemui sasaran.

Sebab, dari total sembilan tembakan yang dilancarkan Yakob Sayuri dan kawan-kawan, tujuh di antaranya tidak tepat sasaran dan dua sisanya diblok oleh pemain Vietnam.

Dengan kata lain, persentase akurasi tembakan Timnas Indonesia pada pertandingan ini senilai 0%. Catatan ini tentu jauh lebih buruk ketimbang Vietnam.

Tim tuan rumah setidaknya mampu menghasilkan 14 kali tembakan. Dua dari lima tembakan tepat sasaran anak asuh Park Hang-seo sukses dikonversi menjadi gol.

3 dari 4 halaman

Terburuk Sepanjang Turnamen

Dengan persentase 0% tembakan tepat sasaran pada pertandingan ini, skuad Merah Putih mencatatkan akurasi tendangan terburuk sepanjang gelaran Piala AFF 2022.

Catatan ini sangat kontras dengan lima laga sebelumnya yang dilalui Timnas Indonesia dari awal fase penyisihan Grup A hingga laga leg pertama semifinal yang lalu.

Sebab, persentasenya jauh lebih buruk ketimbang saat berjumpa Kamboja (42,1%), Brunei Darussalam (39,4%), Thailand (30%), Filipina (35%), dan Vietnam (25%).

4 dari 4 halaman

Pupus Harapan Tampil di Final

Dengan hasil pertandingan yang berakhir dengan skor  0-2 ini, anak asuh Shin Tae-yong terpaksa mengubur ambisinya untuk meraih gelar pertama kalinya juara di Piala AFF.

Sebab, skuad Garuda kalah agregat 0-2 karena pada pertandingan leg pertama bermain imbang tanpa gol di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jumat (6/1/2023).

Catatan yang dibukukan skuad Garuda tentu gagal mengulangi performa impresif yang sebelumnya diciptakan pada edisi sebelumnya, yakni Piala AFF 2020.

Sebab, ketika itu Timnas Indonesia berhasil melaju ke final, namun pada akhirnya tak mampu naik ke podium juara lantaran takluk dari Thailand.

Video Populer

Foto Populer