Sukses


4 Fakta Menarik Jelang Duel Panas Persib Vs Persija di BRI Liga 1: Bobotoh Hadir dan Tanpa Gas Air Mata

Bola.com, Bandung - Persib Bandung bersiap menghadapi musuh bebuyutannya, Persija Jakarta, dalam laga tunda BRI Liga 1 2022/2023. Laga tersebut digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Rabu (11/1/2023).

Pertandingan ini sangat dinantikan oleh masyarakat pecinta sepak bola Indonesia. Duel kedua tim kerap menghadirkan cerita menarik di dalam maupun di luar lapangan.

Laga Persib menjamu Persija sedianya digelar pada 2 Oktober 2022. Namun, laga tersebut batal terlaksana karena kompetisi dihentikan setelah Tragedi Kanjuruhan yang terjadi pada 1 Oktober 2022 menimbulkan korban jiwa sampai 135 nyawa.

Kedua tim berambisi meraih kemenangan dalam laga nanti. Kemenangan tentu sangat penting untuk menjaga persaingan di papan atas klasemen sementara BRI Liga 1.

Saat ini, Skuad Maung Bandung menghuni urutan keenam di klasemen sementara BRI Liga 1 dengan 30 poin dari 16 laga. Sedangkan, Persija di posisi keempat dengan 32 poin.

Selain itu, ada beberapa fakta menarik yang tersaji jelang pertandingan kedua tim. Apa saja fakta yang menarik dari duel antara Persib Bandung dan Persija Jakarta di BRI Liga 1 ini?

2 dari 6 halaman

Dihadiri Bobotoh

 

Puluhan ribu suporter Persib Bandung yang biasa disebut bobotoh dipastikan bakal memadati Stadion GBLA. Kehadiran pemain ke-12 tentunya akan menambah motivasi pasukan Maung Bandung di lapangan.

Panitia pelaksana (panpel) Persib menyediakan 26 ribu tiket untuk laga BRI Liga 1 ini. Semua tiket sudah terjual habis sejak 2 Oktober 2022.

Penonton akan mendapatkan e-ticket baru untuk selanjutnya ditukarkan di lima tempat yang telah disediakan oleh panpel. Lima tempat itu di antaranya Pusdikpom Cimahi, PPI, Sesko AD, Kodim, dan Yon Zipur (Ujung Berung).

3 dari 6 halaman

Tanpa Gas Air Mata

Kepolisian memastikan tidak ada penggunaan senjata atau gas air mata untuk mengamankan pertandingan Persib Bandung kontra Persija Jakarta di Stadion GBLA ini.

Hal ini disampaikan langsung oleh Wakapolrestabes Bandung, AKBP Asep Pujiono. Menurutnya, larangan penggunaan gas air mata mengacu kepada Peraturan Kapolri Nomor 10 tahun 2022.

"Kami melaksanakan aturan yang harus kami laksanakan, di mana personel tidak diperbolehkan membawa senjata atau gas air mata," kata Asep kepada wartawan.

4 dari 6 halaman

Memori Manis GBLA pada 2018

Persib Bandung memiliki kenangan manis ketika bersua Persija Jakarta di Stadion GBLA pada musim 2018. Dalam laga itu, Persib menang dramatis atas Macan Kemayoran dengan skor akhir 3-2.

Ketika itu, Persib yang ditukangi oleh Mario Gomez unggul lebih dulu lewat gol Ezechiel N'douassel pada menit ke-29. Namun, Persija berhasil menyamakan kedudukan lewat gol Jaimerson da Silva.

Persiib unggul lagi 2-1 lewat sepakan penalti Jonathan Bauman pada menit ke-60. Namun, hanya dalam waktu lima menit berselang, Persija kembali menyamakan kedudukan lewat gol Rohit Chand.

Upaya keras terus dilakukan Persib hingga akhirnya Bojan Malisic menjadi bintang kemenangan setelah mencetak gol penentu pada masa injury time pada babak kedua.

Gol tersebut membuat Stadion GBLA bergemuruh. Pertandingan ini pun menjadi kali terakhir Persib menjamu Persija di Stadion GBLA.

 

5 dari 6 halaman

Persib Tanpa Zalnando dan Febri Hariyadi

Dua pilar Persib Bandung, Zalnando dan Febri Hariyadi, dipastikan absen dalam pertandingan nanti. Kedua pemain ini harus menepi karena masih mengalami cedera.

Zalnando mendapatkan cedera parah di bagian engkel setelah melakukan tekel terhadap pemain Dewa United dalam laga BRI Liga 1. Pemain berusia 26 tahun itu pun harus naik meja operasi.

Sementara Febri Hariyadi mengalami masalah di bagian hamstring. Cedera tersebut juga didapatkan ketika Persib meladeni perlawanan Dewa United.

 

6 dari 6 halaman

Posisi Persib dan Persija di BRI Liga 1 saat Ini

Video Populer

Foto Populer