Sukses


Liga 2 dan Liga 3 Ditiadakan dan Tanpa Degradasi di BRI Liga 1, Marc Klok: Tidak Bagus untuk Sepak Bola Indonesia!

Bola.com, Bandung - Keputusan PSSI menghentikan Liga 2 dan Liga 3 sangat mengecewakan banyak pihak, terutama yang bergelut di dua kasta kompetisi sepak bola Indonesia itu. Apa yang mereka rasakan sangat dipahami oleh gelandang Persib Bandung, Marc Klok.

Pemain naturalisasi Indonesia itu menyebut terhentinya Liga 2 dan 3 membuat BRI Liga 1 2022/2023 musim ini otomatis tidak akan kompetitif, karena tanpa ada degradasi dan promosi.

"Kompetisi tanpa degradasi tidak bagus untuk negara ini, untuk sepak bola juga. Harusnya ada Liga 2 karena mereka juga punya hidup dan mereka bekerja untuk mendapatkan gaji," ujar Marc Klok.

Marc Klok juga menyoroti status Liga 2 sebagai kompetisi profesional serupa seperti Liga 1, di mana para pemainnya tentu menggantungkan hidup dari profesinya sebagai pesepak bola.

2 dari 5 halaman

Komentar Marc Klok

"Saya sangat menyesalkan karena ada pemain profesional di sana. Mereka juga memiliki keluarga. Jadi saya sangat sedih karena sekarang situasinya seperti ini," ujar Marc Klok.

"Semoga kami bisa memberikan pernyataan besar yang keras untuk Liga 2 agar bisa lanjut dan untuk semua pemain, staf, juga penggemar sepak bola agar Liga 2 tetap berjalan."

"Kalau kompetisi tidak ada degradasi dan promosi, mainnya untuk apa? Tidak kompetitif," tegas pemain kelahiran Belanda itu.

 

3 dari 5 halaman

Senang Kembali ke Persib

Sementara di sisi lain, pemain yang baru kembali dari memperkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 itu senang bisa berlatih lagi bersama rekan-rekannya di Persib Bandung.

"Hampir dua bulan saya meninggalkan Persib, tetapi saya sangat senang tim sudah dalam performa bagus sekali. Banyak kemenangan dan berada di peringkat yang sangat baik," ungkap Marc Klok.

Dalam duel big match melawan Persija Jakarta di Stadion GBLA, Bandung, Rabu (11/1/2023), Persib meraih kemenangan dengan skor tipis 1-0 meski tanpa beberapa pilar penting.

"Sayas senang bisa kembali berkontribusi lagi untuk pemain di sini dan pelatih, juga staf di Persib. Saya sudah siap untuk memberikan yang terbaik bagi bobotoh, siap untuk laga selanjutnya di putaran kedua BRI Liga 1," ujar Klok.

 

4 dari 5 halaman

Jadwal Persib Selanjutnya

Laga antara Persib Bandung kontra Bhayangkara FC yang sejatinya digelar pada Senin (16/1/2023) ditunda lantaran Maung Bandung belum bisa menemukan markas baru untuk menggelar laga kandang.

Tim asuhan Luis Milla pun langsung mengalihkan fokusnya untuk mempersiapkan diri menghadapi laga selanjutnya.

Persib Bandung dijadwalkan bakal menghadapi Madura United dalam laga tandang pada pekan ke-19 BRI Liga 1 2022/2023, Jumat (20/1/2023)

5 dari 5 halaman

Posisi Persib di BRI Liga 1 saat Ini

Video Populer

Foto Populer