VIDEO: Raffi Ahmad, Atta Halilintar Hingga Kaesang Dukung Penuh Erick Thohir Jadi Ketum PSSI

VIDEO: Raffi Ahmad, Atta Halilintar Hingga Kaesang Dukung Penuh Erick Thohir Jadi Ketum PSSI

Menteri BUMN, Erick Thohir resmi mendaftarkan diri sebagai calon Ketua Umum PSSI. Erick datang sekitar pukul 10.45 WIB ke kantor PSSI di GBK Arena, Minggu (15/1/23).

Erick Thohir datang dengan mengenakan jaket berwarna merah lantas langsung menyerahkan dokumen pendaftaran didampingi oleh para selebriti dan influencer ternama tanah air seperti Raffi Ahmad, Atta Halilintar hingga anak Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep.

Selain itu Erick Thohir juga didukung oleh 60 voters yang sebagian besar berasal dari klub BRI Liga 1 dan Liga 2. Sebut saja Teddy Tjahjono dari Persib Bandung. Lalu ada Peter Tanuri dari Bali United. Selain itu ada pula perwakilan dari klub Liga 3 dan Asosiasi Provinsi PSSI yang mendung Erick Thohir.

Erick mengatakan dirinya memastikan untuk maju sebagai calon Ketua PSSI lantaran terpanggil dan punya nyali untuk membenahi karut-marutnya sepakbola Indonesia.

"Sebagai anak bangsa, saya terpanggil untuk mengubah keadaan, membuat yang bengkok menjadi lurus. Yang dibutuhkan PSSI untuk maju hari ini adalah nyali untuk menerobos keterbatasan, dan berani menciptakan ekosistem yang mendukung pertumbuhan industri sepakbola nasional," kata Erick.

Menurutnya, masalah sepakbola Indonesia dari dulu tak pernah berubah: pembinaan usia muda yang tak berjalan dengan baik, pengelolaan kompetisi liga yang semrawut, integritas dan fairplay dalam kompetisi, serta industri sepakbola yang tidak profesional.

"Mencari 11 orang dari 270 juta rakyat Indonesia untuk membentuk tim nasional yang kompetitif tidak sulit jika semua hal itu kita benahi dengan benar. Tim nasional sebuah negara hanya sekuat kompetisi liganya. Liga yang kuat akan menghasilkan tim nasional yang kuat. Liga lemah, tim nasional lemah. Sekarang, sudah saatnya sepakbola kita naik kelas," tambah Erick.

Erick Thohir diketahui punya pengalaman mumpuni di dunia sepakbola. Ia pernah memiliki dan menjadi Presiden Inter Milan, salah satu klub terbesar di benua Eropa. Saat itu, Erick yang menggantikan Massimo Moratti menjadi penyelamat Inter Milan.

Erick membenahi manajemen Inter Milan yang sedang terpuruk hingga mendapat investasi dari Suning Holdings Grup asal China. Langkah Erick itu dianggap sebagai sebuah terobosan lantaran sebelumnya klub sepakbola Italia terkesan tertutup untuk investasi asing. Itu sebabnya, manajemen Inter Milan pernah berterima kasih kepadanya.

Erick Thohir juga punya pernah menjadi pemegang saham mayoritas di DC United, klub sepakbola Liga Amerika Serikat.

Ringkasan

Oleh Ade Yusuf Satria pada 15 January 2023, 12:13 WIB

Video Terkait

Spotlights