Sukses


Menerawang Performa Timnas Indonesia di Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20 2023

Bola.com, Yogyakarta - Timnas Indonesia dihadapkan jadwal yang cukup padat pada 2023. Baik di level senior maupun kelompok usia. Agenda terdekat adalah aksi Timnas Indonesia U-20 di Piala Asia U-20 2023.

Timnas Indonesia U-20 tergabung di Grup A Piala Asia U-20 2023 bersama Irak, Suriah, dan Uzbekistan. Ajang ini berlangsung di Uzbekistan pada 1 hingga 18 Maret 2022 dan diikuti total 16 peserta yang dibagi dalam empat grup.

Adapun selepas Piala Asia U-20, Tim Merah-Putih akan bertarung di Piala Dunia U-20. Indonesia bertindak sebagai tuan rumah di ajang yang dimulai pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023.

Lantas, bagaimana kiprah Garuda Muda dalam dua event tersebut? Bisakah Timnas Indonesia menghadirkan kejutan? Nah soal itu pelatih kepala PSIM Yogyakarta, Erwan Hendarwanto memberikan pendapatnya.

2 dari 4 halaman

Optimistis

Pada partai pembuka fase grup Piala Asia U-20, Timnas Indonesia akan bersua Irak di Lokomotiv Stadium, Tashkent, pada 1 Maret 2023. Setelah menghadapi Irak, Timnas U-20 ditantang Suriah di stadion yang sama pada 4 Maret 2023.

Sementara pada matchday terakhir Grup A, Indonesia bakal berhadapan dengan Uzbekistan di Istiqlol Stadium, 7 Maret 2023.

Soal peta persaingan di Grup A, Erwan Hendarwanto cukup yakin tim besutan Shin Tae-yong itu bisa melewati fase grup dan lolos ke babak selanjutnya.

"Untuk Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20, kalau melihat hasil dari proses pembentukan tim dan sempat melakukan pemusatan latihan di Eropa, dengan hasil uji coba yang cukup bagus, saya rasa bisalah tim kita bersaing," ujar Erwan Hendarwanto kepada Bola.com, Minggu (15/1/2023) siang.

"Peluang untuk bisa melaju jauh bisa ditingkatkan lagi dalam sisa waktu yang ada. Kurang lebih persiapan dua bulan dapat dimanfaatkan sebaik mungkin," sambungnya.

3 dari 4 halaman

Tergabung di Grup Mudah

Secara kualitas, Timnas Indonesia U-20 tidak kalah dari para pesaingnya di Grup A, grup yang notabene terbilang cukup mudah ketimbang Grup B, C, maupun D.

Grup B dihuni oleh Vietnam serta raksasa Asia lainnya, macam Qatar, Australia, dan Iran. Grup C dihuni tiga tim asal Timur Tengah, yakni Tajikistan, Yordania, Oman serta Korea Selatan. Sedangkan di Grup D ada Arab Saudi, Jepang, China, dan Kyrgyztan.

"Tentu saja kita sangat berharap dan mendoakan yang terbaik untuk prestasi Timnas Indonesia ke depannya. Meski ya kalau dibilang masuk grup mudah, mungkin seperti itu, tapi kita tidak tahu nanti seperi apa di lapangan," kata pelatih asal Magelang, Jawa Tengah itu.

4 dari 4 halaman

Tolok Ukur Jelang Piala Dunia U-20

Piala Asia U-20 sangat penting bagi tim Garuda Muda. Sebab ajang ini sekaligus menjadi tolok ukur kekuatan Timnas Indonesia U-20 sebelum tampil di Piala Dunia U-20 yang digelar di Indonesia.

Perhelatan Piala Dunia U-20 bakal digelar pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023. Apabila di Piala Asia nanti hasilnya memuaskan, lanjut Erwan, tentu bagus untuk Indonesia menghadapi persaingan di ajang yang levelnya lebih tinggi.

"Saya pikir terbuka sekali untuk memberikan kejutan. Saya melihat Timnas Indonesia U-20 justru bisa bermain lebih kompak dan lebih efektif dalam menyerang serta bertahan," ucap Erwan.

"Namun, ya Piala Dunia U-20 levelnya jelas masih di atas Piala Asia. Lawan-lawannya tentu tidak mudah. Ya semoga bisa mendapat hasil yang sesuai harapan," harapnya.

Video Populer

Foto Populer