Sukses


Pelatih PSIM Bicara tentang Kaesang Pangarep yang Gagal Jadi Ketua Komite Pemilihan KLB PSSI

Bola.com, Yogyakarta - Kongres Biasa PSSI telah rampung digelar di Hotel Sultan, Jakarta pada Minggu (15/1/2023). Kongres tersebut menghasilkan beberapa keputusan.

Satu di antaranya yakni pengesahan susunan Komite Pemilihan (KP) dan Komite Banding Pemilihan (KBP). KP dan KBP dibentuk sebagai tahapan menuju Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI pada Februari 2023 mendatang.

KP akan dipimpin oleh Amir Burhanudin. Wakil Ketua Asprov PSSI Jatim itu akan dibantu Sudarmadji, Ismu Puruhito, Armisyam Latuconsina, Aulia Arief, Paska Sembiring, dan Aditya Yando.

Sementara KBP diketuai oleh Gusti Randa. Pria kelahiran Jakarta itu bakal dibantu tiga anggota lainnya, yakni Aven Hinelo, Diego Saputra, serta Joko Tetuko.

Seperti diketahui, KLB PSSI nanti akan memilih ketua umum baru. Saat ini sudah ada dua nama yang mendaftarkan diri sebagai calon Ketua Umum. Keduanya yaitu Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, La Nyalla Mattalitti, dan Menteri BUMN, Erick Thohir. Sedang satu nama lagi ada Ratu Tisha Destria yang mendaftar sebagai calon Wakil Ketua Umum.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Sempat Dicalonkan Persebaya

Sebelumnya Direktur Persis Solo, Kaesang Pangarep dicalonkan oleh Persebaya Surabaya menjadi Ketua Komite Pemilihan untuk KLB PSSI. Sayang, putra bungsu Presiden Jokowi itu tidak terpilih.

"Maaf saya gak kepilih. Yaudah lanjut hanimun," cuitan Kaesang di akun Twitter pribadinya @kaesangp pada Minggu (15/1/2023) sore.

Pengusungan Kaesang Pangarep itu tertuang dalam surat bernomor 152/PT.PI-I/2023 yang dilayangkan kepada Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

3 dari 5 halaman

Punya Integritas

Kaesang dinilai Persebaya layak dan memiliki integritas untuk mengawal pemilihan pengurus baru PSSI.

"Saudara Kaesang sangat layak untuk mengemban tugas tersebut sebagai bagian dari semangat untuk tata kelola sepak bola Indonesia yang lebih baik," tulis Direktur Persebaya Candra Wahyudi dalam rilis, Sabtu (14/1/2023).

"Kami juga meyakini sosoknya akan mampu mengawal proses penjaringan dan pemilihan sosok calon ketua umum, calon wakil ketua umum dan calon komite eksekutif dengan baik dan berkualitas, yang akan dibawa ke Kongres Luar Biasa Pemilihan PSSI Tahun 2023," tambahnya.

4 dari 5 halaman

Harapan Baru

Munculnya nama Kaesang dalam pencalonan Ketua Komite Pemilihan untuk KLB PSSI sejatinya disambut antusias oleh para pecinta sepak bola Tanah Air. Termasuk pelatih kepala PSIM Yogyakarta, Erwan Hendarwanto.

"Menurut saya siapapun berhak diusulkan, termasuk Kaesang Pangarep karena dia sosok anak muda yang saya rasa bisa membawa perubahan di persepakbolaan Indonesia. Tapi sayang tidak terpilih untuk mengawal KLB nanti," ujar Erwan kepada Bola.com Minggu (15/1/2023) sore.

5 dari 5 halaman

Kompetisi Berlanjut

Kaesang Pangarep mendukung Erick Thohir maju sebagai Ketua Umum PSSI. Dia bahkan mendampingi eks Presiden Inter Milan itu dalam mengembalikan berkas pendaftaran calon Ketum PSSI di Kantor PSSI, GBK Arena, Jakarta Pusat, Minggu (15/1/2023).

Selain Kesang, adapula CEO RANS Nusantara FC Raffi Ahmad, Pemilik FC Bekasi City Atta Halilintar, Direktur Persib Bandung Teddy Tjahjono serta para pendukung lainnya yang memiliki hak vote dalam KLB nanti.

"Ya kami hanya berharap siapapun yang duduk di kepengurusan PSSI nantinya bisa menjalankan sistem kompetisi yang baik, lancar, dan tidak ada lagi penghentian. Semoga ke depan sepak bola kita lebih maju lagi," harap Erwan Hendarwanto.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer