Sukses


Iwan Bule Segera Lengser dari PSSI, Naturalisasi 4 Pemain untuk Timnas Indonesia dan Timnas U-20 Jalan Terus atau Dihentikan?

Bola.com, Jakarta - Sebentar lagi, Mochamad Iriawan segera lengser dari kursi Ketua PSSI. Lantas, bagaimana nasib naturalisasi empat pemain untuk Timnas Indonesia dan U-20?

PSSI tengah memproses naturalisasi empat pemain keturunan yang lahir di Belanda demi kepentingan Timnas Indonesia dan timnas U-20.

Keempatnya adalah Shayne Pattynama untuk Timnas Indonesia, Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Rafael Struick buat timnas U-20 demi Piala Dunia U-20 2023.

Naturalisasi Shayne Pattynama bahkan telah memasuki setengah jalan karena dokumennya sudah dikirimkan PSSI ke Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

2 dari 6 halaman

Baru Tuntaskan Naturalisasi 2 Pemain

Sebelumnya, PSSI baru merampungkan naturalisasi dua pemain keturunan pada November 2022. Keduanya adalah Sandy Walsh dan Jordi Amat. Nama terakhir bahkan telah membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

Sementara, Iriawan bakal meninggalkan jabatannya di singgasana PSSI 1 dalam Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI pada 16 Februari 2023.

KLB PSSI akan mencari satu Ketua, dua Wakil Ketua, dan 12 anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI untuk menggantikan kepengurusan Iriawan.

3 dari 6 halaman

Jaminan Iwan Bule

Iriawan sudah menjadi Ketua PSSI sejak November 2019 dan masa kepemimpinannya seharusnya baru akan berakhir pada November 2023.

Iriawan memastikan bahwa naturalisasi keempat pemain itu tetap berjalan dan tidak dihentikan hanya karena pria yang karib dipanggil Iwan Bule itu tidak lagi menjadi Ketua PSSI.

"Saya mendapatkan banyak pertanyaan baik dari kolom komentar maupun pesan di Instagram saya terkait dengan perkembangan pemain keturunan yang tengah menjalani proses naturalisasi saat ini," ujarnya dalam akun Instagram, @mochamadiriawan84, Rabu (18/1/2023).

4 dari 6 halaman

Penjelasan Iriawan

"Terkait hal tersebut, saya bisa menjamin bahwa proses naturalisasi Shayne Pattynama, Ivar Jenner, Justin Hubner, dan Rafael Struick tetap berlanjut," imbuh Iriawan.

"Tentunya, harapan saya dan juga masyarakat sepak bola Indonesia ingin agar bisa segera menyaksikan semua berseragam Merah-Putih secepatnya."

"Untuk itu, saya memohon doa dan dukungan agar prosesnya bisa berjalan lancar tanpa kendala yang berarti. Amin," ungkap Iriawan.

5 dari 6 halaman

4 Pemain Belanda

Shayne Pattynama masih bermain untuk klub kasta tertinggi Liga Norwegia, Viking FC. Sementaran Ivar Jenner berkancah untuk Jong Utrecht, klub divisi dua Liga Belanda.

Adapun, Justin Hubner membela Wolverhampton Wanderers U-21 di Premier League U-21. Sedangkan Rafael Struick berbaju ADO Den Haag, tim kasta kedua Liga Belanda.

6 dari 6 halaman

Unggahan Iwan Bule

Video Populer

Foto Populer