Sukses


Hasil BRI Liga 1: Diwarnai Dua Penalti, PSM Buyarkan Kemenangan Bali United meski Tertinggal Dua Gol

Bola.com, Bantul - Kemenangan Bali United yang sudah berada di depan mata akhirnya dibuyarkan PSM Makassar saat kedua tim berjumpa pada pertandingan pekan ke-19 BRI Liga 1 2022/2023.

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Sultan Agung (SSA), Bantul, Jumat (20/1/2023) ini, Bali United dan PSM Makassar harus berbagi angka setelah laga berakhir dengan skor 2-2.

Tim Serdadu Tridatu sejatinya sukses unggul terlebih dahulu. Dua gol mereka dicetak Eber Bessa (27’), lalu ditambah gol via tendangan penalti Ilija Spasojevic (56’)

Namun, Tim Juku Eja berhasil mengejar defisit dua gol itu dalam tempo 30 menit akhir. Gol pertama PSM Makassar dicetak Kenzo Nambu (72’), sedangkan satu lainnya lahir dari eksekusi penalti Yuran Fernandes (86’).

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 8 halaman

Cari Peruntungan pada Awal Laga

PSM Makassar memang terhitung lebih banyak menciptakan ancaman selama 10 menit awal jalannya babak pertama, baik itu dari aksi Yakob Sayuri hingga Ananda Raehan. Namun, belum ada yang bisa dimaksimalkan.

Sementara itu, Bali United lebih memaksimalkan situasi serangan balik atau bola mati untuk menciptakan peluang. Mereka coba memaksimalkan kecepatan Irfan Jaya dan Privat Mbarga dari sisi sayap.

Pada menit ke-23, Tim Juku Eja nyaris saja membuka keunggulan via tendangan sudut yang dieksekusi Yance Sayuri. Sayangnya, bola hasil sundulan Yuran Fernandes masih menyamping tipis di sisi gawang Nadeo Argawinata.

 

3 dari 8 halaman

Runtuhnya Benteng Juku Eja

Skema bola mati Bali United memang terbukti ampuh. Pada menit ke-27, tendangan bebas yang dieksekusi Eber Bessa sukses mengoyak jala gawang Tim Juku Eja.

Gol ini sekaligus membawa anak asuh Stefano Cugurra tersebut untuk sementara unggul 1-0 atas Juku Eja. Setelah tertinggal satu gol, PSM mencoba untuk merespons. Sayangnya, mereka belum bisa mengambil alih kendali permainan.

Skuad Serdadu Tridatu masih cukup dominan di atas lapangan. Skema permainannya juga lebih rapi. Hingga waktu turun minum tiba, tak ada gol tambahan yang tercipta. Skor 1-0 masih bertahan untuk keunggulan Bali United.

 

4 dari 8 halaman

Malapetaka pada Babak Kedua

Serangan balik cepat yang dilakukan oleh Irfan Jaya kembali menimbulkan malapetaka baru bagi pertahanan PSM. Safrudin Tahar terpaksa melanggar Irfan Haya hingga menyebabkan hukuman penalti.

Ilija Spasojevic yang ditunjuk sebagai eksekutor pun sukses menuntaskan tugasnya dengan sempurna. Gol yang lahir pada menit ke-56 tersebut sekaligus membawa Tim Serdadu Tridatu menjauh dengan keunggulan 2-0.

Pelatih PSM, Bernardo Tavares, merespons dengan memasukkan tiga pemain baru. Rizky Eka, Wiljan Pluim, dan Kenzo Nambu dimainkan untuk mengganti Dzaky Asraf, Ramadhan Sananta, dan Akbar Tanjung.

 

5 dari 8 halaman

Gempuran Serangan pada Akhir Laga

Pada menit ke-72, Kenzo Nambu akhirnya memberikan dampak. Sepakan kerasnya dari area kotak penalti sukses mengoyak jala gawang Serdadu Tridatu. Skor berubah menjadi 2-1.

Pada 15 menit akhir pertandingan, PSM Makassar terus menerus menggempur pertahanan Bali United. Ada sejumlah peluang dari Everton Nascimento dan Yakob Sayuri, tetapi bola masih jatuh di pelukan Nadeo Argawinata.

Upaya Juku eja akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-83. Bola hasil sepakan Kenzo Nambu membentur tangan Haudi Abdillah. Selain penalti, Haudi juga diganjar kartu merah.

Yuran Fernandes yang ditunjuk sebagai algojo penalti sukses mengelabui Nadeo. Gol yang dicetak pada menit ke-85 tersebut membuat kedudukan menjadi berimbang 2-2. Hingga pertandingan berakhir, skor ini tak berubah.

 

6 dari 8 halaman

Perubahan Komposisi Papan Atas

Dengan hasil ini, PSM Makassar memang masih berada di puncak klasemen sementara BRI Liga 1 dengan koleksi 38 poin dari 19 pertandingan.

Sementara itu, Tim Serdadu Tridatu harus tertahan di peringkat keempat klasemen sementara. Mereka saat ini mengumpulkan 34 poin dari total 19 laga.

 

7 dari 8 halaman

Daftar Susunan Pemain

Bali United (4-2-3-1): Nadeo Argawinata; Novri Setiawan, Wellington Carvalho, Haudi Abdillah, Ricky Fajrin; Brwa Nouri, Sandi Sute; Irfan Jaya, Eber Bessa, Privat Mbarga; Ilija Spasojevic;

Pelatih: Stefano Cugurra

PSM Makassar (4-2-3-1): Reza Arya Pratama; Dzaky Asraf, Yuran Fernandes, Safrudin Tahar, Yance Sayuri; Akbar Tanjung, Muhammad Arfan; Ramadhan Sananta, Ananda Raehan, Yakob Sayuri; Everton Nascimento;

Pelatih: Bernardo Tavares

8 dari 8 halaman

Simak Posisi PSM dan Bali United di Bawah Ini:

Timnas Indonesia Masih Punya Peluang ke Olimpiade 2024

Video Populer

Foto Populer