Sukses


Persib Didenda Rp100 Juta karena Botol dan Suar, Pelatih Kiper Persija Dapat Sanksi Berat

Bola.com, Jakarta - Komite Disiplin (Komdis) PSSI resmi mengumumkan hasil sidang yang dilakukan pada 17 Januari 2023 terkait pelanggaran-pelanggaran yang terjadi pada BRI Liga 1. Persib Bandung menjadi klub dengan sanksi terbanyak.

Persib Bandung didakwa dua pelanggaran yang terjadi saat menghadapi Persija Jakarta di Gelora Bandung Lautan Api (11/1/2023). Tim Maung Bandung mendapatkan sanksi denda sebesar Rp20 juta, karena adanya sejumlah spanduk provokatif dan diskriminatif yang dibentangkan suporter di tribune.

Persib juga mendapatkan sanksi tambahan sebesar Rp100 juta. Sanksi ini diberikan Komdis PSSI terkait adanya pelemparan botol dan plastik berisi air, penyalaan suar, dan bom asar oleh suporter.

Sanksi terkait suar dan bom asap bukan yang pertama diterima Persib Bandung. Klub asal Jawa Barat itu sudah beberapa kali menerima sanksi serupa pada BRI Liga 1 2022/2023.

2 dari 5 halaman

Sanksi Berat

Selain Persib Bandung, sanksi berat juga diterima oleh pelatih kiper Persija Jakarta, Jan Klima. Komdis PSSI menjatuhkan dua sanksi terhadap pria asal Republik Ceska itu.

Jan Klima mendapatkan sanksi denda sebesar Rp50 juta plus larangan mendampingi Persija selama 12 bulan. Sanksi berat itu diterima Klima karena perilaku tidak terpuji saat melawan Persib.

Jan Klima kedapatan meludah kepada perangkat pertandingan. Selain itu, dia juga mengucapkan kata-kata kasa serta mendapatkan kartu merah.

3 dari 5 halaman

Persija, PSM, dan Barito Putera

Sanksi lainnya juga diterima oleh Persija Jakarta, PSM Makassar, dan Barito Putera. Ketiga klub tersebut kompak mendapatkan sanksi denda Rp50 juta.

Persija mendapatkan sanksi karena suporter kedapatan melakukan pelemparan dalam jumlah banyak saat menghadapi Bali United (15/1/2023).

Sementara itu, PSM mendapatkan sanksi karena pemainnya menerima enam kartu kuning dalam satu pertandingan ketika menghadapi Borneo FC (23/12/2022).

Adapun Barito Putera juga menerima sanksi karena aksi indisipliner pemain. Sanksi diterima karena lima pemain mendapatkan kartu kuning dalam satu pertandingan saat menghadapi PSM Makassar (10/1/2023).

4 dari 5 halaman

Hasil dan Jadwal Pertandingan Pekan ke-19

Rabu, 18 Januari 2023

  • Persita Tangerang 0-5 Persebaya Surabaya
  • Persikabo 1973 0-2 Dewa United

Kamis, 19 Januari 2023

  • Bhayangkara FC 2-3 Persik Kediri
  • Persis Solo 1-0 Persija Jakarta

Jumat, 20 Januari 2023

  • Bali United 2-2 PSM Makassar
  • Madura United Vs Persib Bandung

Sabtu, 21 Januari 2023

  • PSIS Semarang Vs Arema FC
  • PSS Sleman Vs RANS Nusantara FC
  • Borneo FC Vs Barito Putera
5 dari 5 halaman

Yuk Simak Posisi Tim Kesayangan Kamu!

Video Populer

Foto Populer