Sukses


Sah Jadi WNI, Shayne Pattynama Siap Bela Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Shayne Pattynama resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada Selasa (24/1/2023). Shayne kini sudah bisa membela Timnas Indonesia.

Shayne Pattynama sah menjadi WNI setelah mengambil sumpah di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jakarta, Cawang, Selasa (24/1/2023).

Peristiwa bersejarah bagi Shayne juga disaksikan langsung oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, dan utusan resmi PSSI untuk proses naturalisasi pemain Timnas Indonesia, Hamdan Hamedan.

"Demi Tuhan yang Maha Esa, saya menyatakan dan berjanji dengan sungguh-sungguh melepaskan seluruh kesetiaan saya kepada kekuasaan asing, mengakui, tunduk, dan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, Pancasila, dan Undang Undang Dasar negara Republik Indonesia tahun 1945, dan akan membelanya dengan sungguh-sungguh serta akan menjalankan kewajiban yang dibebankan negara kepada saya sebagai Warga Negara Indonesia dengan tulus ikhlas. Kiranya Tuhan menolong saya,” kata Shayne Pattynama.

Setelah pengambilan sumpah, Shayne Pattynama mendapatkan wejangan dari Kepala Kanwil Kemenkumham Jakarta, Ibul Chuldun. Shayne diharapkan bisa membantu Timnas Indonesia meraih prestasi.

Dengan demikian, Shayne Pattynama menjadi pemain naturalisasi ke-38 sepanjang sejarah. Data tersebut mengacu ke daftar pemain naturalisasi yang terekspose di publik.

2 dari 3 halaman

Lantang Bernyanyi

Dalam proses pengambilan sumpah, Shayne Pattynama dengan lantang menyanyikan lagu Indonesia Raya. Shayne terlihat tidak kesusahan dalam bernyanyi menggunakan bahasa Indonesia.

Setelah itu pengambilan sumpah, Shayne juga turut menyanyikan lagi Bagimu Negeri. Pemain Viking VK terlihat antusias mengikuti proses pengambilan sumpah menjadi WNI.

Kehadiran Shayne menjadi tambahan kekuatan Timnas Indonesia. Shayne diharapkan bisa membantu skuad Merah Putih tampil di Piala Asia 2023 dan event bergengsi lainnya.

 

3 dari 3 halaman

Daftar Pemain Naturalisasi Indonesia

  1. Arnol van der Vin
  2. Kim Jeffrey Kurniawan
  3. Mahamadou Al Hadji
  4. Bio Paulin
  5. Tonnie Cusell
  6. Jhonny van Beukering
  7. Ruben Wuarbanaran
  8. Diego Michelis
  9. Guy Junior
  10. Cristian Gonzales
  11. Greg Nwokolo
  12. Stefano Lilipaly
  13. Herman Dzumafo
  14. Godstime Ouseloka Egwuatu
  15. Cristian Alejanro
  16. Fabiano Beltrame
  17. Esaiah Pello Benson
  18. Fassawa Camara
  19. Sackie Teah Doe
  20. Bruno Casimir
  21. Mamadou Diallo
  22. Zoubairou Garba
  23. Mufilutau Opeyemi Ogunsola
  24. Silvio Escobar
  25. Ezra Walian
  26. Ilija Spasojevic
  27. Beto Goncalves
  28. Otavio Dutra
  29. Marc Klok
  30. Sergio van Dijk
  31. Osas Saha
  32. Raphael Maitimo
  33. OK John
  34. Esteban Vizcarra
  35. Victor Igbonefo
  36. Sandy Walsh
  37. Jordi Amat
  38. Shayne Pattynama

Video Populer

Foto Populer