Sukses


Resmi Jadi WNI, Shayne Pattynama Bikin Mendiang Ayah Bangga

Bola.com, Jakarta - Shayne Pattynama resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada Selasa (24/1/2023). Pemain 24 tahun itu mengaku bahagia dan bangga.

Shayne Pattynama sah menjadi WNI setelah mengambil sumpah di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jakarta, Cawang, Selasa (24/1/2023).

Peristiwa bersejarah bagi Shayne juga disaksikan langsung oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan dan utusan resmi PSSI untuk proses naturalisasi pemain timnas Indonesia, Hamdan Hamedan.

"Saya sangat senang dan bangga resmi menjadi Warga Negara Indonesia. Saya ingin berterima kasih kepada Ketua PSSI yang selalu memberikan bantuan. Saya juga berterima kasih kepada Pak Hamdan atas semua bantuan dan dukungan," kata Shayne Pattynama.

Dengan demikian, Shayne Pattynama menjadi pemain naturalisasi ke-38 sepanjang sejarah. Data tersebut mengacu ke daftar pemain naturalisasi yang terekspose di publik.

2 dari 4 halaman

Mendiang Ayah Bangga

Shayne Pattynama juga yakin mendiang ayahnya merasakan perasaan yang sama setelah dirinya resmi menjadi WNI. Shayne menilai juga akan bangga.

"Saya sangat senang dan bangga menjadi orang Indonesia sekarang. Ayah saya akan melihat dari atas sana serta juga ikut bahagia dan bangga," tegas Shayne Pattynama.

 

3 dari 4 halaman

Berasal dari Sang Ayah

Shayne Pattynama memiliki darah keturunan dari sang ayah. Kabarnya, ayah Shayne Pattynama berasal dari Pulau Haruku, Maluku Tengah.

Namun, ayahnya lahir dan besar di Semarang sebelum hijrah ke Belanda. Sebelum meninggal dunia, ayah Shayne sempat memberikan wasiat agar anaknya bisa membela Timnas Indonesia.

Kini, Shayne sudah memenuhi wasiat ayahnya menjadi WNI. Pemain Viking FK itu tinggal menunggu debut untuk membela Timnas Indonesia.

4 dari 4 halaman

Daftar Pemain Naturalisasi Indonesia

  1. Arnol van der Vin
  2. Kim Jeffrey Kurniawan
  3. Mahamadou Al Hadji
  4. Bio Paulin
  5. Tonnie Cusell
  6. Jhonny van Beukering
  7. Ruben Wuarbanaran
  8. Diego Michelis
  9. Guy Junior
  10. Cristian Gonzales
  11. Greg Nwokolo
  12. Stefano Lilipaly
  13. Herman Dzumafo
  14. Godstime Ouseloka Egwuatu
  15. Cristian Alejanro
  16. Fabiano Beltrame
  17. Esaiah Pello Benson
  18. Fassawa Camara
  19. Sackie Teah Doe
  20. Bruno Casimir
  21. Mamadou Diallo
  22. Zoubairou Garba
  23. Mufilutau Opeyemi Ogunsola
  24. Silvio Escobar
  25. Ezra Walian
  26. Ilija Spasojevic
  27. Beto Goncalves
  28. Otavio Dutra
  29. Marc Klok
  30. Sergio van Dijk
  31. Osas Saha
  32. Raphael Maitimo
  33. OK John
  34. Esteban Vizcarra
  35. Victor Igbonefo
  36. Sandy Walsh
  37. Jordi Amat
  38. Shayne Pattynama

Video Populer

Foto Populer