Sukses


Ketum PSSI Iwan Bule Berharap Shayne Pattynama Bisa Debut untuk Timnas Indonesia pada FIFA Matchday

Bola.com, Jakarta - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menyambut gembira rampungnya proses naturalisasi Shayne Pattynama. Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu berharap Shayne bisa melakoni debut bersama Timnas Garuda dalam waktu dekat.

Shayne Pattynama mengucap janji setia menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada Selasa (24/1/2023). Pengucapan sumpah itu dilakukan Shayne di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jakarta, Cawang.

Timnas Indonesia memiliki agenda FIFA Matchday pada Maret 2023. Iwan Bule berharap, Shayne sudah bisa memperkuat skuat Merah Putih pada ajang tersebut.

"Akan ada FIFA Matchday pada Maret ini. Tentunya, kami harapkan Shayne bisa ke Indonesia untuk bergabung dan menyesuaikan dengan timnas kita," kata Iriawan.

 

2 dari 5 halaman

Tambahan Kekuatan

Kehadiran Shayne Pattynama menambah kekuatan Timnas Indonesia. Pemain 24 tahun itu menghuni lini pertahanan dan berperan sebagai bek kiri.

Agenda FIFA Matchday tentu mewajibkan pemain untuk memenuhi panggilan dari Timnas. Mochamad Iriawan menyebut, kehadiran Shayne akan sangat penting karena Timnas Garuda berpotensi memperbaiki ranking FIFA.

"Kalau FIFA matchday semua pemain-pemain wajib datang. Agar ranking FIFA kita bisa naik," tegas Iriawan.

 

3 dari 5 halaman

Masih Misteri

FIFA Matchday terdekat akan digelar pada 20-28 Maret 2023. Dengan durasi delapan hari memungkinkan Timnas Indonesia memainkan dua laga.

Namun, sampai saat ini belum diketahui siapa lawan Timnas Indonesia pada FIFA Matchday tersebut. Semakin tinggi ranking FIFa dari calon lawan maka akan menarik buat Timnas Indonesia.

Saat ini, Timnas Indonesia berada di urutan le-151 ranking FIFA. Menarik untuk menantikan calon lawan dari pasukan Shin Tae-yong tersebut.

4 dari 5 halaman

Ingin Jumpa Shin Tae-yong

Meski belum bertemu dengan pelatih Shin Tae-yong yang sedang ada di Korea Selatan, Shayne mengaku sudah bertemu dengan jajaran asisten pelatih Timnas Indonesia. Shayne menyebut, mereka sudah menyaksikan permainannya melalui rekaman video.

"Saya sudah bertemu staf pelatih. Mereka sudah melihat penampilan dan pertandingan saya bersama klub. Namun, saya belum bertemu secara langsung dengan pelatih, mungkin segera, kata Shayne Pattynama.

Shayne menantikan pertemuan dengan pelatih Shin Tae-yong. Pemain 24 tahun itu mengaku ingin mengobrol dan berdiskusi secara langsung dengan Shin Tae-yong.

"Saya menantikan pertemuan kami dan akan berbicara mengenai sepak bola dan lainnya. Saya tak sabar menantikannya," ujar Shayne Pattynama.

Sejauh ini, Shayne Pattynama menjadi pemain naturalisasi keempat yang berganti kewarganegaraan sejak Timnas Indonesia diasuh Shin Tae-yong pada 2019. Sebelumnya ada Marc Klok, Jordi Amat, dan Sandy Walsh.

5 dari 5 halaman

Tak Sabar

Selain pelatih Shin Tae-yong, Shayne juga tak sabar ingin bertemu rekan setim di Timnas Indonesia. Menurut Shayne, ini merupakan sesuatu yang sudah lama dinantikannya.

"Saya ingin segera bertemu rekan setim di Timnas Indonesia. Saya sudah tak sabar karena menantikan ini sejak lama," ucap Shayne Pattynama.

"Kemudian, setelah nanti resmi mendapatkan paspor, saya juga ingin bercerita kepada ayah saya. Saya akan mengatakannya dalam doa," tegas pemain 24 tahun itu.

Video Populer

Foto Populer