Sukses


Susul Marselino Ferdinan, Penyerang Muda PSS Bakal Ikut Berkarier ke Luar Negeri

Bola.com, Sleman - Satu lagi talenta Indonesia yang berpeluang meniti karier di Eropa. Setelah Marselino Ferdinan, kini striker Timnas Indonesia U-20 dan PSS Sleman Hokky Caraka dikabarkan akan menyusul berkarier ke luar negeri.

Hal ini terungkap dari unggahan agen luar negeri, Andrey Grushin di instagram pribadinya pada 24 Januari lalu. Andrey merupakan pemilik dari agensi pemain YFT Agency.

Dalam unggahan tersebut, Andrey memposting sejumlah foto pertemuan dengan Hokky Caraka dan sang ayah. Pertemuan itu untuk membahas masa depan pemain muda PSS Sleman asal Gunung Kidul, Yogyakarta tersebut.

"Bertemu pemain Hokky Caraka dan juga sang ayah. Kami berdiskusi untuk rencana masa depan dan ke arah mana kita akan bergerak. Hokky Caraka di lapangan, kami di belakang lapangan. Kolaborasi dengan agensi YFT," tulis Andrey Grushin.

Pada kesempatan yang sama, Andrey juga bertemu pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro. Dia mengaku senang berjumpa dengan pelatih asal Kalasan tersebut.

"Kami berbicara banyak hal untuk bersama-sama membangun sepak bola Indonesia, khususnya Yogyakarta. Baik dalam membawa talenta muda di Indonesia dan Yogyakarta ke luar negeri," ucap Andrey.

"Serta memberikan talenta pesepakbola mancanegara yang kelas satu untuk bermain di Indonesia. Dengan jaringan yang saya miliki, saya yakin bisa membuktikannya," lanjut dia.

Sebelumnya, Andrey Grushin sempat menyambangi Direktur Teknik PSS Indra Sjafri di Jakarta pada awal Januari lalu. Pertemuan ini bisa jadi salah satu sinyal kepindahan pemain bernama lengkap Hokky Caraka Bintang Briliant itu.

"Senang bertemu dengan Direktur Teknik PSSI coach Indra Sjafri. Saya sangat ingin berkolaborasi dengannya dan PSSI untuk membawa pemain Indonesia di luar negeri," tulis Andrey dalam unggahan di akun Instagram pribadinya pada 6 Januari 2023.

Selain Indra Sjafri, agen dari kiper Timnas Vietnam Dang Van Lam itu juga berkomunikasi dengan Hamdan Hamedan. Hamdan merupakan utusan PSSI untuk naturalisasi pemain Timnas Indonesia.

2 dari 4 halaman

Jebolan Garuda Select

Penyerang kelahiran 21 Agustus 2004 itu pernah menimba ilmu di Benua Biru pada tahun 2020-2021. Dia tergabung bersama skuad Garuda Select jilid 3 dan 4. Bakat Hokky Caraka awalnya diendus oleh tim pencari bakat Garuda Select asuhan legenda Chelsea, Dennis Wise.

Selama mengikuti program Garuda Select jilid 4 di Inggris Hokky tampil gacor dengan mengemas 14 gol, padahal awalnya dia berposisi sebagai bek. Hokky Caraka membuktikan bahwa pilihan pelatih asal Inggris tersebut tidak salah.

3 dari 4 halaman

Andalan Timnas Indonesia U-20

Hokky Caraka mulai dikenal publik ketika membela Timnas Indonesia U-19 di ajang Piala AFF U-19 2022 beberapa waktu lalu. Kala itu skuad Garuda Muda menang telak 7-0 atas Brunei Darussalam (4/7/2022). Empat gol di antaranya dicetak oleh pemain PSS Sleman tersebut.

Tidak hanya itu, pemain berusia 18 tahun tersebut juga tampil apik di ajang Kualifikasi Piala Asia U-20 2022. Saat itu dia jadi aktor kemenangan Timnas dengan mencetak hat-trick ke gawang Timor Leste (14/9/2022).

Sementara di level klub, Hokky Caraka tampil sebanyak sembilan laga bersama Super Elang Jawa di BRI Liga 1 2022/2023.

4 dari 4 halaman

Tengok Posisi PSS di BRI Liga 1 2022/2023

Video Populer

Foto Populer