Sukses


BRI Liga 1: Persis Solo Krisis Bek Tengah, Leonardo Medina Siapkan Opsi Reposisi hingga Promosi

Bola.com, Jakarta Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina, harus memutar otak untuk segera mencari pemain yang tepat sebagai pengganti Fabiano Beltrame di sisa kompetisi BRI Liga 1 2022/2023.

Pemain berusia 40 tahun tersebut dipastikan absen memperkuat Persis Solo selama 10 hingga 12 bulan ke depan akibat mengalami cedera.

Fabiano Beltrame juga harus naik meja operasi untuk menangani cederanya tersebut. Sebetulnya, Bek asal Brasil itu bukan menjadi satu-satunya bek tengah Laskar Sambernyawa yang harus absen karena cedera.

Ada pula Andri Ibo yang juga sudah menepi cukup lama dari Persis. Bek berusia 32 tahun tersebut sudah absen sejak pekan ke-13 kompetisi BRI Liga 1 hingga saat ini.

Situasi krisis di sektor pertahanan inilah yang harus segera diselesaikan oleh tim pelatih Laskar Sambernyawa. Saat ini, stok pemain di lini belakang Persis Solo kian menipis dengan absennya Fabiano Beltrame.

 

2 dari 5 halaman

Siapkan Opsi Reposisi

Leonardo Medina mengatakan, absennya Fabiano Beltrame tentu menjadi masalah tersendiri di sektor pertahanan Tim Laskar Sambernyawa.

Untuk mencari pemain yang bisa menemani Jaimerson da Silva, Medina tengah menyiapkan opsi reposisi. Selain Rian Miziar, Persis Solo kemungkinan akan memasang Kanu Helmiawan dan Sutanto Tan yang posisi naturalnya sebagai gelandang bertahan.

"Ini tentu menjadi kabar yang menyedihkan bagi kami. Semoga Fabiano dapat pulih secepat mungkin," kata Leonardo Medina melalui rilis resmi klub, Kamis (26/1/2023).

"Namun, untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Fabiano, kami masih memiliki beberapa stok pemain seperti Kanu Helmiawan, Rian Miziar, ataupun Sutanto Tan," imbuhnya.

 

3 dari 5 halaman

Pantau Pemain Akademi

Juru racik asal Uruguay itu sebetulnya juga tengah memantau beberapa pemain muda jebolan Persis Solo Youth yang bisa dipromosikan untuk menggantikan Fabiano Beltrame.

Sejauh ini, sudah ada beberapa nama yang berlatih bersama tim senior. Namun, ia masih memberikan waktu bagi pemain-pemain muda ini agar siap untuk bersaing di kompetisi kasta tertinggi.

"Kami memantau beberapa pemain muda milik kami, di antara mereka juga sudah mengikuti latihan bersama tim senior," kata pelatih berusia 45 tahun itu.

"Namun, kami masih mencoba untuk mempersiapkan mereka agar jauh lebih matang, karena mungkin untuk sekarang mereka belum siap untuk bergabung di pertandingan resmi," lanjutnya.

 

4 dari 5 halaman

Fabiano Akhiri Musim Lebih Cepat

Sebelumnya, Fabiano Beltrame diketahui mengalami cedera yang cukup parah pada bagian tendon achilles-nya.

Berdasarkan hasil medical check-up yang dilakukan, bek berusia 40 tahun tersebut mengalami cedera pada anterior talofibular ligament (ATFL) dan calcaneofibular ligament (CFL).

Menurut Dokter Persis Solo, Iwan Wahyu Utomo, cedera ini memang tak disebabkan karena benturan dengan pemain lawan, melainkan kesalahan tumpuan saat melakukan pendaratan.

5 dari 5 halaman

Simak Posisi Klub Favorit Kamu di Bawah Ini:

Video Populer

Foto Populer