Sukses


Prediksi BRI Liga 1 PSM Vs RANS: Saatnya Kembali ke Jalur Kemenangan

Bola.com, Parepare - PSM Makassar menjamu RANS Nusantara FC pada pekan ke-21 BRI Liga 1 2022/2023. Duel kedua tim akan tersaji di Stadion Gelora B. J. Habibie, Parepare, Sulawesi Selatan, Senin (30/1/2023) pukul 15:00 WIB.

Laga ini penting bagi PSM Makassar. Klub berjulukan Juku Eja itu bertekad bangkit setelah mendapat hasil kurang memuaskan di dua laga terakhirnya. Masing-masing ditahan imbang 2-2 Bali United dan tumbang 2-4 dari Persija Jakarta.

PSM Makassar punya peluang untuk kembali ke jalur kemenangan. Selain bermain di kandang, kebetulan tim yang bakal dihadapi adalah tim penghuni papan bawah.

RANS Nusantara FC saat ini menempati peringkat ke-16 atau zona merah. Klub berjulukan The Phoenix itu mengemas 17 angka dari 20 laga yang dijalani.

Sementara PSM Makassar nangkring di posisi ketiga klasemen sementara dengan torehan 38 poin dari 20 pertandingan.

 

 

 

2 dari 6 halaman

Waspadai Tim Tamu

RANS Nusantara FC memang gagal memetik satu pun kemenangan dari tiga laga terakhir di Liga 1, namun bukan berarti tim besutan Rahmad Darmawan itu mudah ditaklukkan.

Apalagi, pekan lalu mereka mampu menahan imbang tim papan atas Bali United dengan skor 4-4.

Hal itu disadari betul oleh pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavarez. Dia pun meminta anak asuhnya untuk menjaga fokus kala meladeni tim milik Raffi Ahmad tersebut.

Pelatih asal Portugal itu berharap Wiljan Pluim dkk. tampil lebih baik dari laga sebelumnya. Meski menelan kekalahan dari Macan Kemayoran, Tavares melihat anak asuhnya sudah tampil bagus. Hanya, keberuntungan tidak berpihak kepada timnya.

"Saya saat ini senang dengan performa yang ditunjukkan pemain. Saya lihat mereka bisa memberikan segalanya untuk pertandingan dan saya tetap bangga, senang terhadap performa mereka,” ucap Bernardo Tavares.

 

 

 

3 dari 6 halaman

Harus Tampil Efektif

Lebih jauh, Bernardo Tavares menyebut kekalahan di laga sebelumnya terjadi lantaran PSM sering buang-buang peluang.

Padahal, secara permainan, kata Tavarez, Juku Eja tampil lebih dominan dan mampu menciptakan banyak peluang ketimbang sang lawan.

Nah, hal-hal semacam inilah yang diharapkan tidak terulang lagi di laga nanti. Pelatih berusia 42 tahun itu berharap tiga poin menjadi milik PSM Makassar. Sebab, tiga poin krusial demi kembali ke puncak klasemen sementara Liga 1.

Persaingan papan atas BRI Liga 1 musim ini terbilang sangat ketat. PSM Makassar yang nangkring posisi ketiga, cuma selisih satu angka saja dari pemuncak klasemen Persib Bandung. Juku Eja punya poin yang sama dengan runner-up Persija Jakarta.

 

4 dari 6 halaman

Punya Modal Bagus

Hasil imbang 4-4 versus Bali United setidaknya menjadi modal cukup bagus RANS Nusantara FC jelang menghadapi Pasukan Ramang.

Selain mampu menahan imbang Bali United, The Phoenix mampu menunjukkan performa apik di sepanjang laga.

Bahkan, mereka nyaris menang seandainya winger Bali United, M. Rachmat tidak mencetak gol freekick di pengujung laga. Itu menunjukkan RANS Nusantara FC perlahan mulai mengalami peningkatan performa.

Rahmad Darmawan menilai hasil imbang itu sudah cukup maksimal. Meskipun menurutnya ada hal-hal kecil yang perlu dibenahi, terutama masalah counter attack.

"Pemain menampilkan determinasi dan sudah semaksimal mungkin. Namun masih ada hal-hal kecil menjadi kendala, saat build up dimulai dari kesalahan passing, persis ketika melawan PSS Sleman, dua passing salah dicounter habis," ujar Rahmad Darmawan.

Yang pasti, eks pelatih Timnas Indonesia U-23 itu berharap bisa membawa pulang poin dari Parepare. Meski begitu, dia sadar untuk mencuri angka dari PSM Makassar tentu bukan perkara gampang.

 

5 dari 6 halaman

Prediksi Susunan Pemain

PSM Makassar (4-4-2): Reza Arya; Safrudin Tahar, Yuran Fernandes, Agung Mannan, Yance Sayuri; Rasyid Bakri, Muhammad Arfan, Kenzo Nambu, Dzaky Asraf; Wiljan Pluim, Everton Nascimento.

Pelatih: Bernardo Tavarez

RANS Nusantara FC (4-3-3): Hilman Syah; Ady Setiawan, Willian Correia, Arif Satria, Edo Febriansyah; Sumarna, Mitsuru Maruoka, Ikhsan Nul; Moch Kevy, Septian Bagaskara, Makan Konate.

Pelatih: Rahmad Darmawan

  • Prediksi Bola.com: 60-40
  • Senin, 30 Januari 2023
  • Venue: Stadion Gelora B. J. Habibie, Parepare, Sulawesi Selatan
  • Kick-off 15:00 WIB
6 dari 6 halaman

Yuk Lihat Peta Persaingan

Video Populer

Foto Populer