Sukses


Marselino Ferdinan Berkarier di Belgia, Bek Persebaya Juga Ingin Main ke Luar Negeri

Bola.com, Surabaya - Gelandang Persebaya Surabaya, Marselino Ferdinan, kini sedang menjalani trial bersama klub muda Belgia, Jong KAA Gent. Pemain satu ini memang sudah lama diminati oleh klub Eropa.

Marselino menjadi pemain fenomenal musim lalu dengan menyabet gelar pemain muda terbaik di BRI Liga 1 2021/2023. Di usia 17 tahun, dia juga sudah menjadi gelandang andalan Persebaya yang meraih peringkat kelima klasemen akhir.

Bek Persebaya, Rizky Ridho, rupanya juga menyimpan mimpi untuk bisa bermain di luar negeri seperti rekannya. Dia berharap bisa mengikuti jejak Marselino yang notabene adalah juniornya.

“Alhamdulillah, teman saya bisa bermain ke luar negeri. Pastinya, kalau dari saya juga ingin main di luar negeri. Tapi, saat ini belum rezeki mungkin. Saya juga satu agen sama Marsel, insyaAllah kalau ada rezeki saya berangkat,” ungkapnya.

2 dari 5 halaman

Produk Asli Persebaya

Marselino Ferdinan merupakan pemain didikan klub internal Persebaya, yakni Indonesia Muda. Pemain kelahiran 2004 sempat tampil moncer di kompetisi internal, sebelum akhirnya namanya mencuat bersama Timnas Indonesia U-16.

Sebelumnya, sebenarnya sudah ada bek Rizky Ridho yang juga mengawali karier di Indonesia Muda. Namanya lantas masuk Persebaya U-20 hingga menjadi kapten Timnas Indonesia U-19 yang meraih peringkat ketiga Piala AFF U-19 2019.

3 dari 5 halaman

Sama-sama Jadi Pemain Andalan

Di tahun yang sama, Rizky Ridho berhasil membawa Persebaya U-20 menjuarai Elite Pro Academy. Nama pemain kelahiran 2001 itu langsung dipromosikan ke tim senior Bajul Ijo memasuki musim 2020.

Ridho dan Marselino kemudian mulai bermain reguler bersama Timnas Indonesia senior di usia yang sebenarnya masih belia. Pelatih Shin Tae-yong mengandalkan Ridho di belakang, sedangkan Marselino adalah gelandangnya.

Jika menilik kemampuannya, bukan tidak mungkin Ridho akan menarik minat klub negeri. Dia termasuk pemain dengan jam terbang tinggi sejak masih muda, baik di level klub maupun internasional.

4 dari 5 halaman

Susul Kiprah Pemain Indonesia di Luar Negeri

Ada banyak pemain Timnas Indonesia yang sedang berkarier di luar negeri. Witan Sulaeman dan Egy Maulana Vikri misalnya, yang sempat berkarier di Liga Slovakia.

Namun, Egy sudah kembali ke Indonesia setelah kontraknya habis bersama FC ViOn Zlate Moravce dan kini resmi gabung Dewa United.

Selain Witan dan Egy, pemain Timnas Indonesia lain yang berkarier di luar negeri Asnawi Mangkualam. Dia baru saja merampungkan kepindahannya dari Ansan Greeners ke klub Korea Selatan lain, Jeonnam Dragons.

Lalu, ada pula bek kiri Pratama Arhan juga baru saja memperpanjang kontrak dengan klub Liga 2 Jepang, Tokyo Verdy. Sosok satu ini dikenal dengan lemparan ke dalam yang jauh hingga kerap melahirkan assist untuk gol sundulan.

5 dari 5 halaman

Yuk Lihat Posisi Persebaya di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer