Sukses


Hasil BRI Liga 1: Tekuk RANS Nusantara, PSM Tempel Persija di Puncak Klasemen

Bola.com, Parepare - PSM Makassar memperlihatkan ketangguhannya di pekan ke-21 BRI Liga 1 2022/2023. Bermain di kandang sendiri, Stadion BJ Habibie, Parepare, tim Juku Eja menekuk tamunya RANS Nusantara 3-1, Senin (30/1/2023),.

PSM Makassar tertinggal lebih dulu lewat gol Ikhsan Nul Zikrak di babak pertama. Namun mereka bisa membalasnya dengan 3 gol di babak kedua.

Dua pemain Timnas Indonesia milik PSM, Ramadhan Sananta dan Yakob Sayuri (2 gol) bisa membalikkan keadaan.

Tambahan tiga poin ini membuat persaingan di papan atas Liga 1 lebih sengit. Karena 41 poin yang dimiliki PSM Makassar menyamai Persija Jakarta yang ada di puncak klasemen.

2 dari 7 halaman

Sempat Tertunda karena Hujan

Sejak menit awal, kedua tim kesulitan mengembangkan permainan. Tak lain karena hujan deras mengguyur Stadion BJ Habibie, Parepare, Sulawesi Selatan.

Genangan air membuat laju bola sulit dikendalikan. Tapi PSM membuat peluang lebih dulu ketika pertandingan berjalan dua menit. Tandukan bek jangkung, Yuran Fernandes meluncur ke gawang lawan. Tapi kiper Rans, Hilman Syah bisa menggagalkannya.

Setelah itu, dua tim masih sulit mengalirkan bola. Pelatih Rans, Rahmad Darmawan tertangkap kamera saat meminta wasit untuk meninjau kelayakan lapangan. Akhirnya wasit Steven Youbel memutuskan untuk menghentikan pertandingan di menit 12.

3 dari 7 halaman

Tertinggal Lebih Dulu

Setelah ditunda 30 menit, laga bisa dilanjutkan karena hujan sudah berhenti. Namun kedua tim tak bisa memperlihatkan permainan yang apik.Mereka dipaksa harus menggunakan bola atas saat membangun serangan. PSM kembali membuka peluang di menit 18. Striker Everton Nascimento yang ada didalam kotak penalti bisa menjangkau bola crossing Kenzo Nambu.

Tapi tendangannya tipis di samping kanan gawang RANS. Di menit 28, Rans yang lebih banyak ditekan bisa memberikan kejutan. Bola yang dihalau bek PSM, Safrudin Tahar disambar gelandang RANS Nusantara, Ikhsan Nul Zikrak. Bola melucur keras ke sudut kanan gawang PSM yang dikawal M. Reza. Rans unggul 1-0.

Sebenarnya, PSM punya sejumlah peluang untuk menyamakan kedudukan. Namun tidak ada yang bisa merobek gawang Rans. Performa apik Hilman Syah yang menggagalkan sejumlah peluang PSM. Tercatat dia menggagalkan 6 peluang on target PSM. Sehingga Rans bisa menutup babak pertama dengan keunggulan 1-0.

4 dari 7 halaman

Bangkit di Babak Kedua

Di babak kedua, permainan kedua tim masih belum banyak berkembang. Justru hujan deras kembali mengguyur Stadion BJ Habibie. Sehingga PSM dan Rans sama-sama mengandalkan umpan jauh saat melakukan serangan.

Memasuki menit 57, PSM memasukkan satu striker tambahan, Ramadhan Sananta. Penyerang berlabel Timnas Indonesia itu jadi sinyal bahaya untuk pertahanan Rans. Karena dari segi permainan, PSM unggul ball possesion.

Konsentasi pemain belakang RANS mulai terbagi saat memberikan pengawalan kepada Sananta dan Everton. Apalagi Rans sudah menarik bek asing, Willian Silva sudah ditarik keluar karena cedera.

Menit 60, peluang emas didapat PSM. Umpan lambung Pluim membuat Everton berhadapan dengan kiper RANS. Tapi Hilman Syah bisa menepis tendangan Everton dengan kakinya.

Menit 66, Juku Eja menyamakan kedudukan. Sananta membayar kepercayaan dari pelatih Bernardo Tavares dengan golnya. Dia lepas dari kawalan dan melakukan finishing yang dingin. Menempatkan bola diantara kaki kiper Rans, Hilman Syah.

Namun gol itu membuat tim pelatih RANS melakukan protes kepada wasit garis. Mereka beranggapan Sananta berada dalam posisi offside. Namun wasit Steven Yubel tetap mengesahkan gol itu.

5 dari 7 halaman

Unggul Jauh

PSM berbalik unggul 2-1 di menit 70. Crossing mendatar Pluim disambut sontekan Yakob Sayuri. Bisa dibilang mental pemain Rans mulai runtuh dengan gol ini. Menit 76, Sananta kembali berhadapan dengan Hilman Syah. Tapi kali ini eksekusi Sananta bisa diantisipasi.

Gol ketiga PSM lahir di menit 77. Yakob Sayuri mencetak gol indah. Dari sisi kanan pertahanan Rans, diluar dugaan dia melepaskan tendangan langsung. Hilman Syah tak sanggup menjangkau bola yang mengarah ke sudut kanan gawangnya. PSM menjauh dengan keunggulan 3-1. Skor ini bertahan hingga laga usai.

6 dari 7 halaman

Daftar Susunan Pemain

  • PSM Makassar (4-4-2): M. Reza (kiper), Yance Sayuri, Yuran Fernandes, Safrudin Tahar, Yakop Sayuri (belakang) M. Arfan, Kenzo Nambu, M. Dzaky, Akbar Tanjung (tengah); Wiljan Pluim, Everton Nascimento (depan).
  • Pelatih: Bernardo Tavares
  • RANS Nusantara (5-4-1): Hilman Syah (kiper); Ady Setiawan, Arief Satria, Willian Silva, Hamdan Zamzani, Saddam Tenang (belakang); Sumarna, Mitsuru Maruoka, Makan Konate, Ikhsan Nul Zikrak (tengah) Septian Bagaskara (depan).
  • Pelatih: Rahmad Darmawan.
7 dari 7 halaman

Lihat Peta Persaingan di BRI Liga 1

Selebrasi PSM Makassar Setelah Memastikan Gelar Juara BRI Liga 1 Musim Ini

Video Populer

Foto Populer