Sukses


Thomas Doll Kesal Persija Harus Melepas Pemain Muda Hanya untuk Latihan Timnas Indonesia U-20: Ini Tidak Benar!

Bola.com, Jakarta - Persija Jakarta harus melepas sembilan pemain mudanya untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia U-20 dalam persiapan menuju Piala Asia U-20 2023 yang digelar di Jakarta, 1-28 Februari 2023. Pelatih Macan Kemayoran, Thomas Doll, benar-benar tidak suka situasi ini.

Situasi ini sudah direspons oleh Thomas Doll setelah Persija Jakarta menang 1-0 atas Persikabo 1973 pada pekan ke-21 BRI Liga 1 2022/2023. Namun, ternyata pelatih asal Jerman itu punya uneg-uneg yang sangat mendalam mengenai situasi ini.

Thomas Doll mengaku sangat senang bisa bekerja sama dengan para pemain muda di Persija, membantu mereka untuk bisa berkembang di tim utama.

Namun, satu hal yang membuat pelatih Persija ini kesal adalah pemanggilan memperkuat tim nasional pada waktu yang tidak tepat.

"Pemain muda di sini sangat menarik. Saya sangat senang bekerja bersama mereka. Satu yang tidak benar adalah mereka selalu pergi untuk tim nasional U-20. Saya tidak senang dengan hal itu, karena mereka bisa pergi beberapa bulan dan tidak ada di tim," ujar Thomas Doll dalam wawancaranya di Podcast Lensor.

"Mereka juga suka bermain di tim utama Persija. Ferrari, Nico, Frenky, punya pertandingan yang harus dijalani, tetapi mereka juga harus pergi dalam dua bulan sekali. Ini tidak boleh terjadi. Tidak akan pernah terjadi di Eropa," lanjut pelatih Persija Jakarta itu.

 
2 dari 5 halaman

Pergi Hanya untuk Latihan?

Satu hal yang membuat Thomas Doll sangat murka adalah para pemain muda Persija Jakarta harus meninggalkan tim demi Timnas Indonesia U-20 bukan pada momen kejuaraan, tetapi hanya untuk melakukan pemusatan latihan. Menurut pelatih asal Jerman ini, jelas sesuatu yang tidak bermanfaat bagi para pemainnya.

"Saya tidak suka dengan situasi itu. Kami membangun para pemain, mereka seharusnya bermain di tim utama disaksikan 30 hingga 40 ribu penonton di stadion. Namun, mereka tidak ada di sana," ujar Doll.

"Ini tidak benar. Saya tidak bicara mengenai kejuaraannya, tetapi mereka pergi hanya untuk latihan atau pertandingan persahabatan. Tidak ada pelatih yang suka dengan hal itu. Mereka punya kontrak dengan Persija, tetapi mereka selalu pergi hanya untuk sesi latihan. Ini hanya terjadi di Indonesia," lanjutnya.

 

3 dari 5 halaman

Mengungkit Kehilangan Pemain ke Turki Hanya untuk Latihan

Thomas Doll menegaskan bahwa dirinya akan dengan gembira melepas para pemain Persija Jakarta yang dalam kondisi siap ke Timnas Indonesia ketika kejuaraan yang memang harus diikuti sang pemain sudah dekat.

Pelatih asal Jerman itu bahkan tidak habis pikir jika harus melepas para pemainnya pergi ke Turki tapi hanya menjalani sesi latihan dan laga uji coba di sana.

"Saya pelatih Persija, butuh mereka dalam kondisi terbaik untuk Persija. Saya akan melepas mereka dalam situasi yang tepat ke tim nasional, dan saya akan gembira," tegasnya.

"Namun, bukan untuk sesi latihan dan dua bulan ke Turki. Itu membuat saya gila. Ini tidak boleh lagi terjadi pada masa depan," lanjutnya.

4 dari 5 halaman

PSSI Panggil 30 Pemain Timnas Indonesia U-20

Timnas Indonesia U-20 memang akan menggelar pemusatan latihan di Jakarta sepanjang Februari 2023, mulai tanggal 1 hingga 28, di Jakarta.

Dari 30 pemain yang dipanggil oleh Shin Tae-yong, sembilan di antaranya merupakan pemain Persija Jakarta. Kesembilan pemain itu adalah Cahya Supriadi, Muhammad Ferarri, Alfriyanto Nico, Ginanjar Wahyu, Donny Tri Pamungkas, Frengky Missa, Barnabas Sobor, Resa Aditya, dan Achmad Maulana Syarif.

Pemusatan latihan Timnas Indonesia U-20 ini digelar dalam rangka persiapan Tim Garuda Muda untuk menghadapi Piala Asia U-20 2023 yang digelar di Uzbekistan pada 1 hingga 18 Maret 2023.

Sumber: Podcast Lensor

 
5 dari 5 halaman

Posisi Persija di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer