Sukses


Persebaya Kian Melesat di BRI Liga 1: Produktivitas Gol Meningkat, Pertahanan Sulit Dijebol

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya konsisten mendulang kemenangan selama putaran kedua BRI Liga 1 2022/2023. Dari tiga laga yang dimainkan di putaran kedua, tim asuhan Aji Santoso itu menang melawan Persita Tangerang, Bhayangkara FC, dan Madura United.

Fakta yang lebih mencengangkan adalah keberhasilan mereka melewati tujuh laga terakhir tanpa kekalahan. Persebaya Surabaya sempat meraih tiga kali imbang melawan Persik Kediri, Persija Jakarta, dan Persis Solo.

Performa lini belakang tim Bajul Ijo juga kian solid di putaran kedua. Mereka membukukan dua clean sheet masing-masing saat melawan Persita dan Madura United. Semuanya terjadi saat berstatus tim tamu.

Satu laga berakhir kebobolan dengan menang 2-1 atas Bhayangkara FC, yang menariknya malah berstatus sebagai tim tuan rumah. Pelatih Persebaya, Aji Santoso, mengakui bahwa penampilan timnya memang berkembang pesat.

“Makin berkembangnya komposisi pemain belakang, kita lihat Koko sangat tangguh, Ridho juga sangat tangguh. Duel-duel selalu menang, akhirnya sore ini tidak ada kebobolan,” ucap pelatih Persebaya Surabaya asli Malang itu.

2 dari 5 halaman

Produktivitas Meningkat

Tak hanya itu, produktivitas Persebaya Surabaya juga meningkat drastis. Pada putaran pertama, Bajul Ijo hanya berhasil mencetak 19 gol saja dalam 17 laga. Angka itu terhitung rendah untuk tim yang menarget finis di posisi tiga besar.

Namun, hanya dalam tiga laga putaran kedua, Persebaya sudah mencetak sembilan gol. Paling menakjubkan adalah keberhasilan unggul 5-0 atas Persita.

Perubahan ini tidak lepas dari keputusan Aji Santoso yang melakukan perbaikan komposisi skuad. Aji melepas duo Brasil, Higor Vidal dan Silvio Junior, yang dirasa kurang memberikan kontribusi optimal.

Sebagai gantinya, Ze Valente dan Paulo Victor rupanya mampu beradaptasi dengan cepat bersama timnya. Dua pemain anyar ini juga berhasil membuat permainan Persebaya makin agresif.

3 dari 5 halaman

Jangan Sampai Terlena

Aji Santoso merasa Persebaya Surabaya sudah menemukan bentuk permainan terbaiknya di putaran kedua ini. Namun, dia mengingatkan kepada anak asuhnya untuk tidak terlena dalam euforia tren positif.

“Tapi, saya sampaikan kepada pemain untuk tetap fokus karena posisi di atas kami masih jauh tertinggal. Ini bagus untuk anak-anak tren ini bisa terjaga beberapa kali pertandingan,” ujarnya.

Persebaya saat ini berada di peringkat ketujuh klasemen sementara dengan 31 angka dari 20 pertandingan. Mereka masih tertinggal 10 poin dari Persija Jakarta yang berada di puncak klasemen dengan 41 poin dalam 21 laga.

4 dari 5 halaman

Jadwal Persebaya Selanjutnya

Persebaya Surabaya vs Borneo FC

Stadion: Gelora Joko Samudro, Gresik

Jumat, 3 Januari 2023

Kick-off: 16.00 WIB

Live: Indosiar

Streaming: Vidio

5 dari 5 halaman

Posisi Persebaya di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer