Sukses


BRI Liga 1: Barito Putera Tetap Bersikeras Bangkit dari Papan Bawah, PSS Ogah 3 Kemenangan Beruntut Terhenti

Bola.com, Martapura - PSS Sleman kembali meraih hasil positif ketika melakoni laga tandang di pekan ke-21 BRI Liga 1 2022/2023 di markas Barito Putera, Stadion Demang Lehman, Martapura, Kalimantan Selatan, Selasa (31/1/2023) sore. Pelatih Seto Nurdiyantoro tak ingin rentetan tiga kemenangan terhenti, sedangkan Rodney Goncalves bertekad bangkit dari papan bawah klasemen sementara.

Striker Yevhen Bokhashvili menjadi bintang kemenangan penting PSS atas Barito Putera dalam pertandingan ini. Penyerang asal Ukraina itu mencetak brace alias dua gol pada menit ke-33 dan (67'). Sementara Barito Putera cuma mampu membalas sebiji gol pada babak kedua. Gol itu dilesakkan oleh Aditya Putra Dewa di menit ke-84.

Hasil ini diapresiasi pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro. Dia memuji semangat juang anak asuhnya di laga yang terbilang sulit karena bermain di kandang lawan.

"Selamat untuk PSS Sleman memenangkan pertandingan sore ini. Selamat juga atas perjuangan dan kerja keras pemain yang hasilnya positif, harapannya ini tidak menjadikan sesuatu yang berlebihan," ujar Seto Nurdiyantoro seusai laga.

"Pertandingan ini jelas kami syukuri dengan kemenangan ini. Karena ternyata Tuhan memilih kami untuk memenangkan laga hari ini," sambungnya.

2 dari 5 halaman

Ditunggu Lawan Berat

Meski begitu, Seto Nurdiyantoro tak ingin anak asihnya larut dalam euforia kemenangan. Sebab, di laga selanjutnya PSS Sleman akan dihadapkan pada laga yang tak kalah berat. Yakni, melawan sang pemuncak klasemen sementara Liga 1, Persib Bandung.

Pertandingan ini dijadwalkan berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api pada 5 Februari 2023.

"Harapan saya penampilan ini tetap dibawa dan dalam setiap pertandingan selalu muncul sesuatu yang baru.Harapan saya juga mudah-mudahan di pertandingan selanjutnya akan lebih enak ditonton," kata Seto.

Tambahan tiga angka membuat Laskar Sembada merangsek naik ke posisi 11 klasemen sementara dengan torehan 25 poin dari 21 laga. Rinciannya meraih tujuh kemenangan, empat hasil imbang, dan 10 kekalahan.

3 dari 5 halaman

Evaluasi

Pelatih Barito Putera, Rodney Borges Goncalves menyebut timnya sudah bermain cukup baik. Tetapi, hasil memang tidak sesuai yang diharapkan.Meski begitu, dia tetap mengapresiasi perjuangan seluruh pemain.

"Beberapa pertandingan kami bermain lebih baik sebetulnya. Di laga ini pemain berjuang sangat keras dan kasih yang terbaik, ketika hasil tidak sesuai harapan pelatih yang secara penuh akan bertanggungjawab," ujar Rodney seusai laga.

"Untuk masalah laga karena gol yang mereka cetak dari gol pertama itu dari serangan balik. Di sepak bola pasti terjadi di luar dugaan seperti itu, mereka dapat dari counter attack. Kita tidak press dan kemudian untuk masalah semangat saya tidak meragukan semua pemain," lanjutnya.

Pelatih asal Brasil itu mengatakan, kekalahan yang dialami timnya menjadikan evaluasi bagi jajaran pelatih maupun pemain. Sebab, di dua pertandingan ke depan, Barito Putera akan menghadapi lawan yang tidak kalah tangguh.

"Sepak bola tidak hanya hasil, banyak proses di sana tapi kita tahu hasil memang sangat penting tapi kami yakin ke depan akan tampilkan permainan yang terbaik," katanya.

"Kami kedatangan beberapa pemain baru semoga bisa membantu di laga berikutnya. Di dua laga ke depan kami akan dihadapkan pertandingan yang cukup berat melawan Bali United dan PSM Makassar, mereka tim kuat," sambung pelatih berusia 43 tahun itu.

4 dari 5 halaman

Tim Harus Bangkit

Rodney Borges Goncalves menuturkan, di awal kedatangannya dirinya dihadapkan pada situasi yang sulit. Itu karena Barito Putera sudah terjerembab di papan bawah sejak putaran pertama lalu.

Plus dia tak bisa berbuat banyak dengan pilihan pemain yang ada. Hal itu cukup menyulitkan tim pelatih dalam meracik susunan pemain.

"Waktu saya datang tantangan sangat besar tim ini, dalam beberapa pertandingan kebobolan 23 gol. Cuma menang dan imbang sekali, ketika saya datang saya tidak bisa memilih pemain," bebernya.

"Pemain yang saya pilih adalah Aditya Putra Dewa, sisanya saya racik pemain yang sudah ada. Tapi kami percaya sama semua pemain, kita sedang berproses dan tentu saya selalu ingin menang dan semoga ke depannya bisa lebih baik," harap Rodney.

5 dari 5 halaman

Persaingan di BRI Liga 1 2022/2023

Video Populer

Foto Populer