Sukses


Tangan Ajaib Luis Milla di Persib: Racik Skuad Warisan Abah Obet, dari Loyo Jadi Sangar di BRI Liga 1

Bola.com, Bandung - Persib Bandung seperti lupa caranya untuk kalah. Dalam 13 laga terakhir di BRI Liga 1, Maung Bandung tak pernah kalah. Rkoernya adalah 11 kali kemenangan dan dua kali hasil imbang.

Menariknya, rekor impresif itu terjadi setelah Luis Milla mengambil alih nahkoda. Milla menggantikan Robert Alberts sebagai pelatih kepala Muang Bandung. 

Terbaru, Luis Milla mampu membawa Persib Bandung menang 1-3 di kandang PSIS Semarang. Hasil itu pun membuat Persib menjadi tim yang paling difavoritkan untuk menjadi juara BRI Liga 1 2022/2023. 

Lalu, apa yang sebenarnya dilakukan Luis Milla di Persib. Padahal, ia datang dengan skuad yang sejak awal bukan bentukannya. Skuad Persib saat ini adalah warisan era pelatih asal Belanda, Robert Alberts. 

2 dari 5 halaman

Hanya Rezaldi

Luis Milla hanya memiliki kesempatan mendatangkan satu pemain ke Persib Bandung sejauh ini. Pemain yang dimaksud adalah Rezaldi Hehanussa.

Rezaldi digaet karena Persib memang butuh sosok bek kiri sepertinya. Sebab, Zalnando yang selama ini menjadi andalan di sektor kiri pertahanan mengalami dislokasi pada kakinya dan harus absen lama.

Luis Milla dan Rezaldi Hehanussa memang memiliki hubungan yang menarik. Bule adalah salah satu pemain favorit Milla saat ia masih menukangi Timnas Indonesia.

Menariknya, Rezaldi Hehanussa langsung bisa berkontribusi positif untuk Persib. Ia mencetak satu assist pada laga debut bersama Maung Bandung, Selasa (31/1/2023) saat menghadapi PSIS Semarang. 

3 dari 5 halaman

Suasana dan Semangat Baru

Luis Milla datang ke Persib Bandung dengan membawa semangat dan suasana baru. Persib sebelumnya memang sudah cukup lama ditukangi Robert Alberts. Bisa jadi beberapa pemain Maung Bandung mulai bosan dengan skema permainan ala sosok yang akrab disapa Abah Obet itu.

Luis Milla pun melakukan perubahan secara perlahan di Persib. Ia tidak buru-buru memaksa penggawa Maung Bandung mengikuti skema yang ia inginkan.

Belakangan, Persib kian mantap bermain dengan skema tiga bek. Daisuke Sato yang berposisi asli sebagai bek kiri kerap didorong ke depan sebagai wing back. Beberapa kali pemain Filipina itu juga bermain apik sebagai bek tengah.

Para pemain muda seperti Robi Darwis dan Kakang Rudianto juga bisa dimaksimalkan dengan baik oleh Luis Milla. Keduanya mampu menjadi pelapis bahkan terkadang dimainkan sejak awal, dan mereka bermain baik. 

4 dari 5 halaman

DDS-Ciro Semakin Ganas

Sejak Luis Milla hadir sebagai pelatih kepala, performa lini depan Persib Bandung juga semakin ganas. Duet David Da Silva (DDS) dan Ciro Alves di lini depan kian sulit dibendung.

Da Silva bahkan semakin mantap ada di puncak top scorer sementara BRI Liga 1 2022/2023. Pemain asal Brasil itu mencetak 16 gol sejauh ini. Menariknya, Da Silva juga menjadi penyumbang assist terbanyak Persib sementara ini dengan lima assist.

Ciro Alves juga tak kalah tajam. Mantan pemain Persikabo 1973 ini sudah mencetak tujuh gol dan tiga assist untuk Persib Bandung di musim ini.

 

5 dari 5 halaman

Posisi Persib di BRI Liga 1 2022/2023

Video Populer

Foto Populer