Sukses


Cedera Parah, Kiprah Striker Bali United di BRI Liga 1 Berakhir Lebih Cepat

Bola.com, Denpasar - Musim striker Bali United, Lerby Eliandry Pong Babu di BRI Liga 1 2022/2023 dipastikan berakhir lebih cepat. Cedera parah yang dialami menjadi faktor penyebabnya.

Lerby Eliandry diketahui mengalami cedera ketika dalam persiapan laga antara Bali United kontra Persija Jakarta pada pekan ke-18 beberapa waktu lalu.

Cederanya kala itu membuat eks pemain Borneo FC terlihat meringis kesakitan. Kondisi itu bertambah parah dan memaksanya untuk mengakhiri musim ini lebih cepat dari skuad berjulukan Serdadu Tridatu.

Saat itu, dokter tim Bali United termasuk pelatih Bali United Stefano Cugurra masih belum mau membeberkan cedera apa yang menimpa mantan penyerang Borneo FC tersebut. Ternyata cederanya cukup parah.

2 dari 6 halaman

Otot Robek

Kepastian cedera apa yang menimpa Lerby, diungkapkan oleh dokter tim Bali United, Ganda Putra pada Rabu siang (1/2/2023). “Lerby mengalami cedera robek pada tendon achilles saat mengikuti sesi latihan dengan tim,” beber Ganda.

Tendon achilles adalah tendon besar di belakang pergelangan kaki yang menghubungkan otot betis ke tulang tumit. Dari pantauan saat itu, tendon achilles di kaki kanan Lerby yang robek.

3 dari 6 halaman

Naik Meja Operasi

Tidak ingin semakin parah, tim Dokter Bali United menurut pengakuan Ganda, langsung melakukan tindakan. Hasilnya, operasi untuk Lerby Eliandry harus dilakukan.

“Tidak lama dari kejadian cedera tersebut, kami langsung melakukan pemeriksaan penunjang. Hasilnya memang ada robekan dan langsung dilakukan tindakan operasi,” jelasnya.

4 dari 6 halaman

Butuh Waktu Lama

Tim Dokter Serdadu Tridatu tidak membeberkan kapan operasi dilakukan. Namun yang jelas, musim Lerby bersama Bali United di BRI Liga 1 2022/2023 sudah berakhir. Setidaknya butuh waktu 6 bulan untuk Lerby dalam melakukan penguatan otot

Namun masih ada tahapan lanjutan setelah Lerby dinyatakan pulih. “Tindakan selanjutnya adalah melakukan penguatan otot di sekitar sendi. Kurang lebih selama 6 bulan. Baru setelah itu bisa diberikan latihan khusus yang spesifik sampai nanti dia bisa kembali lagi berlatih di lapangan,” ujarnya.

5 dari 6 halaman

Badai Cedera

Lerby adalah nama terakhir di Bali United yang mengalami cedera. Sebelumnya, Serdadu Tridatu harus kehilangan tiga gelandang yaitu I Kadek Agung Widnyana Putra, M. Sidik Saimima, dan Rizky Pellu.

Di bek kanan ada nama I Made Andhika Wijaya. Meskipun Saimima dan Andhika sudah terlihat bergabung dengan tim saat sesi latihan di Lapangan Gelora Trisakti, Legian, namun keduanya masih dianggap belum 100 persen pulih dari cedera.

Untuk Kadek Agung, cedera lutut yang dialaminya sudah cukup lama. Terhitung sejak putaran kedua BRI Liga 1 2021/2023 saat menghadapi Persikabo 1973 di Stadion Ngurah Rai Denpasar.

“Untuk Saimima dan Pellu, masih kerja dengan fisioterapi untuk bisa balik ke kondisi lebih bagus lagi,” jelasnya.

6 dari 6 halaman

Tengok Peringkat Bali United di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer