Sukses


Demi Persebaya, Marselino Ferdinan Pakai Nomor Punggung 27 di Belgia

Bola.com, Surabaya - Marselino Ferdinan tidak bisa memakai nomor punggung 7 di klub barunya, KMSK Deinze. Sebab, sudah ada pemain yang menggunakan nomor itu, yakni Alessio Staelens, di klub kasta kedua Belgia tersebut.

Padahal, gelandang serang berusia 18 tahun itu identik dengan nomor 7 saat membela Persebaya Surabaya maupun Timnas Indonesia. Marsel pun memilih nomor punggung lain, yakni 27, di Deinze.

Angka itu identik dengan Persebaya yang lahir pada 18 Juni 1927. Dia ingin menunjukkan kecintaan terhadap klub yang telah membesarkan namanya.

“Kamu pilih nomor 27 untuk jerseymu di Belgia nanti. Angka cantik. Tahun kelahiran Persebaya yang kita cintai,” kata Yahya Alkatiri, manajer Persebaya, dikutip dari situs resmi klub.

Marselino Ferdinan dikontrak oleh KMSK Deinze dengan durasi 1,5 tahun atau sampai musim panas 2024. Dia sebenarnya masih punya kontrak sampai 2024 pula dengan Persebaya, namun tak ada dana transfer untuk kepindahannya.

2 dari 5 halaman

Mencuri Perhatian

Manajemen klub ingin mempermudah jalan pemain berusia 18 tahun itu untuk bisa menimba pengalaman di Eropa.

“Kami sedang dalam upaya mendukung kemajuan Marsel. Demi kebaikan dia kami melepas Marsel ke Eropa. Kontraknya juga tidak diputus Persebaya, kontraknya di-pending. Kami ada klausul, bahwa kalau dia kembali ke Indonesia, dia harus kembali ke Persebaya,” ujar Yahya.

Persebaya tentu menjadi klub yang berjasa besar bagi karier Marselino Ferdinan. Pemain yang akrab disapa Marsel itu merupakan pemain didikan klub internal Persebaya, yakni Indonesia Muda. 

Performanya terus berkembang hingga mampu meraih penghargaan sebagai pemain muda terbaik di Liga 1 2021/2022. Marselino Ferdinan  tercatat tampil dalam 24 pertandingan dan mencetak empat gol serta tujuh assist di usia 17 tahun.

3 dari 5 halaman

Wonderkid

Namanya pernah masuk dalam daftar 60 wonderkid terbaik dunia yang dirilis oleh media Inggris, The Guardian, pada 6 Oktober 2021. Daftar itu membuktikan bahwa kualitasnya juga diakui di level internasional.

Dia disejajarkan dengan wonderkid Lazio, Luka Romero. Lalu terdapat pula pemain muda Borussia Dortmund, Youssoufa Moukoko. Tak ketinggalan masuk pula nama Elias Solberg yang merupakan wonderkid milik Juventus.

The Guardian merupakan media yang selalu merilis daftar wonderkid terbaik di dunia setiap tahunnya. Nama-nama besar seperti Vinicius Junior, Jadon Sancho, Takefusa Kubo, hingga Pedri pernah masuk dalam daftar ini.

4 dari 5 halaman

Timnas Indonesia

Nama Marsel juga sempat mengundang perhatian seiring keberhasilan Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023. Kepastian itu didapat dengan menang 7-0 atas Nepal dalam babak kualifikasi pada 15 Juni 2022.

Marselino Ferdinan menjadi pencetak gol ketujuh Timnas Indonesia di laga ini. Pemain kelahiran Jakarta itu memanfaatkan dengan baik assist dari Muhammad Rafli di menit ke-90. 

 

5 dari 5 halaman

Rekor di Kualifikasi Piala Asia

Marselino Ferdinan tercatat sebagai pencetak gol termuda di kualifikasi Piala Asia 2023. Dia pun juga jadi pencetak gol termuda untuk Timnas Indonesia senior.

Saat memasukkan gol ke gawang Nepal itu usia Marselino adalah 17 tahun, 9 bulan, 5 hari. Menariknya lagi, itu merupakan gol perdana yang dicetaknya bersama skuat Garuda sejak debut pada 27 Januari 2022.

Video Populer

Foto Populer