Sukses


9 Pemain Persija Dipanggil ke TC Timnas Indonesia U-20, Thomas Doll Sindir Shin Tae-yong

Bola.com, Bekasi - Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll, mengkritik kegiatan pemusatan latihan Timnas Indonesia U-20. Menurut Thomas Doll, seharusnya para pemain mendapatkan kesempatan bermain di kompetisi bukan mengikuti pemusatan latihan dalam durasi panjang.

Timnas Indonesia U-20 menggelar pemusatan latihan jelang Piala Asia U-20 2023 sejak 1 Februari 2023. Padahal, turnamen baru digelar pada 1-18 Maret mendatang di Uzbekistan.

Pelatih Shin Tae-yong memanggil 30 pemain yang sembilan di antaranya berasal dari Persija Jakarta. Pelatih Thomas Doll mengkritik kebijakan Shin Tae-yong dalam kegiatan pemusatan latihan tersebut.

"Bagi saya, pemain-pemain Timnas Indonesia U-20 itu harus bermain di Liga 1. Jadi, mereka mempunyai sebuah kompetisi," kata Thomas Doll.

2 dari 5 halaman

Tak Paham

Pelatih Thomas Doll juga menyindir Shin Tae-yong karena dianggap tidak paham soal hal semacam ini. Pelatih asal Jerman itu menegaskan, pemusatan latihan dalam jangka panjang tidak berdampak besar buat pemain Timnas Indonesia U-20.

"Semua pemain Timnas Indonesia U-20 itu membutuhkan sebuah kompetisi. Saya merasa Shin Tae-yong tidak paham soal ini. Sebab, saya juga tidak tahu kapan mereka harus dilepas," tegas Thomas Doll.

Ini bukan kali pertama Thomas Doll mempertanyakan kegiatan pemusatan latihan dalam jangka panjang. Thomas Doll sebelumnya pernah melayangkan kritikan yang sama saat Timnas Indonesia U-20 akan berlaga di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 pada September tahun lalu.

3 dari 5 halaman

Kompetisi Lebih Baik

Membiarkan pemain berkembang ditempa kompetisi dianggap Thomas Doll lebih baik ketimbang melakoni pemusatan latihan. Para pemain akan mendapatkan tempaan mental karena bermain dihadapan puluhan ribu penonton dan bersaing dengan pemain hebat di BRI Liga 1.

"Menurut saya kompetisi adalah level permainan yang sangat bagus. Sebab, mereka juga bermain di hadapan 40-50 ribu penonton," ucap Thomas Doll.

"Ini kompetisi, bukan latihan saja. Kalau pemusatan latihan, itu hanya latihan, latihan, dan latihan tanpa ada rasa kompetisi," tegas Thomas Doll.

4 dari 5 halaman

Baru Melepas 3

Persija Jakarta sejauh ini baru melepas tiga dari sembilan pemain yang dipanggil ke pemusatan latihan Timnas Indonesia U-20. Mereka adalah Achmad Maulana Syarif, Barnabas Sobor, dan Resa Aditya Nugraha.

Adapun enam sisanya adalah Cahya Supriadi, Muhammad Ferarri, Alfriyanto Nico, Ginanjar Wahyu Ramadhani, Frenky Missa, dan Doni Tri Pamungkas. Meski demikian, Wakil Presiden Persija Jakarta, Ganesha Putera, menegaskan pihaknya tetap berkomitmen untuk mendukung Timnas Indonesia U-20.

"Persija sudah kirim tiga pemain. Saya selalu mengatakan bahwa kami mau yang terbaik untuk Timnas Indonesia dan sepak bola Indonesia secara umum," tegas Ganesha Putera.

5 dari 5 halaman

Daftar Lengkap Pemain Timnas Indonesia U-20

  1. Arkhan Fikri (Arema FC)
  2. Dimas Juliono (Bhayangkara FC)
  3. Frezy Al Hudaifi (Bhayangkara FC)
  4. Daffa Fasya Sukawijaya (Borneo FC)
  5. Rabbani Tasnim (Borneo FC)
  6. Ronaldo Kwateh (Madura United)
  7. Marselino Ferdinan (KMSK Deinze)
  8. Aditya Arya Nugraha (Persebaya Surabaya)
  9. Ferdiansyah (Persib Bandung)
  10. Kakang Rudianto (Persib Bandung)
  11. Robi Darwis (Persib Bandung)
  12. Achmad Maulana Syarif (Persija Jakarta)
  13. Alfriyanto Nico (Persija Jakarta)
  14. Cahya Supriadi (Persija Jakarta)
  15. Doni Tri Pamungkas (Persija Jakarta)
  16. Frenky Missa (Persija Jakarta)
  17. Muhammad Ferarri (Persija Jakarta)
  18. Ginanjar Wahyu (Persija Jakarta)
  19. Resa Aditya Nugraha (Persija Jakarta)
  20. Barnabas Sobor (Persija Jakarta)
  21. Ahmad Raia Irvanza (Persik Kediri)
  22. Arkhan Kaka (Persis Solo)
  23. Erlangga Setyo (Persis Solo)
  24. Hugo Samir (Persis Solo)
  25. Marcell Januar (Persis Solo)
  26. Zanadin Faris (Persis Solo)
  27. Brandon Scheunemann (PSIS Semarang)
  28. Muhammad Dzaky Asraf (PSM Makassar)
  29. Sulthan Zaky (PSM Makassar)
  30. Hokky Caraka (PSS Sleman)

Video Populer

Foto Populer