Sukses


3 Fakta Kemenangan PSM atas Arema di BRI Liga 1: Bernardo Tavares Pawang Singo Edan

Bola.com, Jakarta - PSM Makassar kembali memanaskan persaingan di papan atas BRI Liga 1 2022/2023.

Kemenangan dari Arema FC di Stadion PTIK, Jakarta Selatan, Sabtu (4/2/2023) membuat mereka ke posisi kedua klasemen dengan 44 poin. Nilai yang sama dengan pemuncak klasemen Persija Jakarta.

Sejumlah fakta muncul saat PSM menang atas Arema. Sejak awal, memang tim berjuluk Juku Eja itu lebih diunggulkan. Meski kalah mentereng dari materi pemain, tapi situasi internal PSM lebih baik. Sementara Arema, pasca Tragedi Kanjuruhan semakin tidak konsisten performanya.

Bola.com merangkum setidaknya ada 3 fakta dari kemenangan PSM Makassar. Mulai rekor apik pelatih Bernardo Tavares saat bertemu Arema, hingga statistik positif PSM di Liga 1.

2 dari 5 halaman

Hattrick Tavares

 

Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares memperpanjang catatan positifnya atas Arema FC. Sudah tiga kali dia menekuk Arema dengan skor sama 1-0.

Pelatih asal Portugal ini sepertinya sangat memahami seperti apa kualitas Arema. Dia punya strategi yang tepat untuk meraih tiga poin.

Kemenangan di Stadion PTIK, juga membuat PSM sudah mengalahkan Arema di tiga tempat berbeda. Pertama, Tavares mengalahkan Arema di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang dalam penyisihan Piala Presiden 2022.

Setelah itu, dia mempermalukan Arema di Stadion BJ Habibie, Parepare, Sulses di putaran pertama Liga 1. Sekarang, PSM menekuk Singo Edan di tempat netral, Stadion PTIK, Jakarta Selatan.

Jika melihat tiga kemenangan yang diraih PSM, ada satu kesamaan. Mereka mengandalkan serangan cepat. Arema sering keteteran jika dapat lawan yang mengandalkan kecepatan. Pemain bertahan Arema usianya tidak muda lagi sehingga kecepatannya mulai menurun.

3 dari 5 halaman

Jadi Tim Paling Sedikit Kebobolan

Dalam 22 pertandingan yang dijalani, PSM jadi tim paling sedikit kebobolan. Gawangnya hanya 17 kali dijebol lawan. Arema FC termasuk tim yang tak pernah bisa mencetak gol ke gawang PSM di Liga 1 musim ini. Dua kali bertemu, Singo Edan selalu takluk 0-1.

Pekan lalu, Persija juga memiliki catatan kemasukan yang sama. Namun saat ini, Persija punya kebobolan lebih banyak. Setelah menjalani matchday 22, Persija sudah kemasukan 18 gol.

Minimnya kebobolan PSM tak lepas dari performa apik kiper Reza Arya dan para pemain bertahan. Mereka memakai 5 pemain belakang ketika ditekan oleh lawan. Skema ini sekarang sedang populer. Persija juga menerapkan format yang sama.

4 dari 5 halaman

Kemenangan Away Ketiga

Tiga poin yang didapat dari Arema jadi kemenangan away ketiga PSM musim ini. Tidak terlalu banyak memang, karena PSM lebih sering meraih hasil imbang di luar kandang. Sekarang, tentu PSM bisa lebih percaya diri saat bermain di kandang lawan.

Dari tiga tim yang bersaing di papan atas, PSM punya kemenangan tandang paling sedikit karena Persija mengantongi 4 kemenangan. Sedangkan Persib Bandung lebih banyak, 6 kemenangan tandang. Bagi tim yang menargetkan juara, kemenangan di kandang lawan sangat penting.

PSM kini jadi tim paling banyak meraih hasil imbang di kandang lawan, 7 kali. 

 

5 dari 5 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu

Video Populer

Foto Populer