Sukses


5 Catatan Ciamik Persija di BRI Liga 1 Musim Ini: Bukti Tangan Dingin Thomas Doll

Bola.com, Jakarta - Persija Jakarta melakukan perubahan besar pada musim ini. Tim yang dijuluki Macan Kemayoran itu mendatangkan gerbong legiun asing dari Eropa.

Pelatih kepala mereka adalah Thomas Doll. Sosok asal Jerman itu pernah menukangi beberapa klub besar di Eropa, satu di antaranya Borussia Dortmund.

Selain itu, Doll juga membawa tiga pemain asing ke skuadnya musim ini. Ada duo Republik Ceska, Michael Krmencik dan Ondrej Kudela. Ada pula gelandang asal Jerman, Hanno Berhens.

Saat ini, Persija Jakarta masih bersaing di zona juara BRI Liga 1 2022/2023. Tim Macan Kemayoran masih menempati posisi kedua klasemen sementara dengan 44 poin.

Bola.com memiliki catatan apik yang dimiliki Persija Jakarta di bawah arahan Thomas Doll pada BRI Liga 1 2022/2023. Simak ulasannya di bawah ini.

2 dari 7 halaman

Kolektif

Persija Jakarta tampak tidak tergantung dengan dua atau tiga pemain. Michael Krmencik yang absen lama karena sanksi, tak mengganggu penampilan Persija.

Sejauh ini, ada 13 pemain Persija Jakarta yang sudah mencetak gol di BRI Liga 1 2022/2023.

Yusuf Helal menjadi top skorer sementara Persija dengan sembilan gol. Michael Krmencik menempati posisi kedua dengan lima gol.

3 dari 7 halaman

Lini Belakang Tangguh

Kekuatan lain Persija Jakarta hadir di lini belakang. Tim Macan Kemayoran baru kebobolan 18 gol sampai pekan ke-23 BRI Liga 1 musim ini.

Persija menjadi tim dengan catatan pertahanan terbaik kedua pada musim 2022/2023. Dari 22 laga, gawang Persija baru kebobolan 18 kali.

Mereka hanya kalah dari PSM Makassar dalam hal tersebut. Tim Juku Eja baru kebobolan 17 kali dengan jumlah laga yang sama.

4 dari 7 halaman

Tak Terkalahkan di Kandang

Persija Jakarta juga punya rekor mentereng di kandang. Mereka sudah 12 kali bermain di kandang sendiri pada BRI Liga 1 2022/2023.

Hebatnya, Tim Macan Kemayoran belum terkalahkan sejauh ini. Mereka memenangkan sembilan laga dan tiga pertandingan sisanya berakhir dengan hasil imbang.

Terbaru, Persija Jakarta berhasil mengalahkan RANS Nusantara FC dengan skor meyakinkan 3-1, Jumat (3/2/2023)

5 dari 7 halaman

Pemain Muda Bersinar

Persija Jakarta mengandalkan skuad yang tergolong muda di BRI Liga 1 musim ini. Rataan usia para pemain Persija hanya 23,8 tahun.

Banyak pemain muda itu pun bersinar terang pada musim ini. Sebut saja Muhammad Ferarri, Alfriyanto Nico, Aji Kusuma, Ginanjar, Dony Tri Pamungkas, Frenky Missa, dan banyak lagi nama yang lain.

Penampilan apik para pemain muda Persija ini pun menarik perhatian Shin Tae-yong. Tak jarang, Shin harus beradu argumen dengan pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll, mengenai pemanggilan pemain muda Macan Kemayoran ke skuad Garuda.

6 dari 7 halaman

Rotasi Lumayan Mulus

Persija Jakarta cukup sering ditinggal pemain mereka pada musim ini. Banyak pemain muda Persija yang mendapatkan tempat di Timnas Indonesia U-20 dan Timnas Indonesia senior.

Michael Krmencik juga harus absen dalam beberapa laga akibat insiden dengan Diego Michiels belum lama ini. Namun, beragam tantangan itu sejauh ini bisa dihadapi Persija.

Rotasi yang dilakukan Thomas Doll masih cukup efektif. Juga adaptasinya dalam menerapkan formasi yang sesuai dengan karakter lawan yang akan dihadapi.

7 dari 7 halaman

Persaingan BRI Liga 1 2022/2023

Video Populer

Foto Populer