Sukses


BRI Liga 1: Cetak 2 Gol Penting, Ahmad Nufiandani Woles Kok Dijuluki Supersub Persebaya

Bola.com, Jakarta - Penyerang Ahmad Nufiandani punya peran penting dalam dua laga terakhir Persebaya Surabaya. Dia selalu berhasil mencetak gol di pengujung pertandingan BRI Liga 1 2022/2023.

Pertama terjadi saat timnya menang 2-0 atas Madura United (29/1/2023). Pemain yang akrab disapa Dani itu baru masuk sebagai pengganti di menit ke-46 dan berhasil mencetak gol memasuki menit ke-86.

Lalu, Dani kembali mencetak gol saat Persebaya menang 3-2 kontra Borneo FC (03/02/2023). Yang ini lebih menarik karena golnya tercipta di menit ke-90+3 saat skor masih 2-2. Artinya, dia jadi penentu kemenangan.

Statusnya sama, yakni jadi pemain yang memulai pertandingan dari bangku cadangan. Kini, julukan “supersub” melekat padanya.

Istilah itu biasanya merujuk pada pemain pengganti yang akhirnya bisa memberi kontribusi gol penting untuk tim.

 

2 dari 5 halaman

Predikat Supersub Membebani?

Julukan "supersub” sebenarnya bisa membebani pemain. Sebab, dia dituntut melakukan perubahan saat masuk lapangan dalam kondisi tim sedang buntu.

Tapi, Dani menanggapi santai label yang diarahkan kepadanya. "Mau main dari starter atau dari bangku cadangan, itu sama saja," kata Ahmad Nufiandani.

"Syukur-syukur strategi dari pelatih, untuk main di babak pertama siap, di babak kedua siap. Yang terpenting bisa berkontribusi untuk tim,” ucap pemain berusia 28 tahun itu.

Sepanjang musim ini, Dani sudah tampil dalam 18 pertandingan, tapi hanya enam kali saja masuk starting eleven. Sisanya, dia memulai laga dari bangku cadangan dan memberi kontribusi optimal untuk tim.

 

3 dari 5 halaman

Paham dengan Potensi Dani

Pelatih Persebaya, Aji Santoso, tampaknya paham dengan potensi Dani yang bisa menjadi pemain pengganti pengubah jalannya laga. Tengok saja dua gol dalam dua laga terakhir yang selalu tercipta di menit-menit akhir.

Yang paling jadi perbincangan adalah keputusan Aji Santoso melawan Borneo FC. Dani mampu membuat lini depan Bajol Ijo menjadi lebih agresif. Dia mencatatkan 15 umpan sukses dan 2 umpan silang.

Satu golnya ketika dua menit sebelum pertandingan usai juga mengubah hasil pertandingan. Persebaya masih kesulitan mengunci tiga poin karena skor masih 2-2 sebelum akhirnya Dani merobek gawang Borneo.

 

 

4 dari 5 halaman

Rekam Jejak

Saat ini, pemain yang juga anggota TNI aktif itu sudah mencatatkan dua gol yang kesemuanya tercipta sebagai pemain pengganti.

Sementara dari lima assist yang sudah diciptakannya, tiga diantaranya dibuat juga ketika ia masuk di babak kedua.

“Bersyukur bisa diberikan kesempatan bermain, bisa mengkontribusi maksimal untuk tim, saya tidak peduli apakah saya menyumbang gol atau assist. Yang terpenting bisa memenangkan pertandingan,” tandasnya.

Persebaya kini bersiap melakoni laga pekan ke-24 dengan menjamu PSS Sleman. Duel itu bakal berlangsung di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, Senin (13/2/2023).

 

5 dari 5 halaman

Yuk Lihat Peta Persaingan

Video Populer

Foto Populer