Sukses


Piala Asia U-20 2023: Timnas Vietnam U-20 Siap Bikin Para Pesaing di Grup B Kerepotan

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Vietnam U-20, Hoan Anh Tuan, sama sekali tak khawatir dengan hasil undian fase penyisihan Piala Asia U-20 2023 yang menempatkan timnya di Grup B.

Sebagai informasi, Timnas Vietnam U-20 memang akan menghadapi lawan yang cukup sulit ketika bersaing di Grup B Piala Asia U-20 2023. Tiga negara yang jadi lawannya ialah Iran, Australia, dan Qatar.

Tiga kontestan tersebut memang berstatus sebagai negara yang cukup elite di kawasan Asia. Dua di antaranya bahkan sudah pernah meraih gelar juara di Piala Asia U-20.

Meskipun demikian, rekam jejak historis yang dimiliki negara-negara tersebut sama sekali tak menciutkan nyali pelatih Timnas Vietnam U-20.

2 dari 4 halaman

Punya Kans

Hoan Anh Tuan mengatakan, anak asuhnya memang tetap memiliki peluang untuk bisa bersaing memperebutkan tiket lolos ke fase berikutnya.

Namun, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi, yaitu bermain dengan kemauan, konsentrasi, dan daya juang yang tinggi.

“Kapasitas dan level Timnas Vietnam U-20 dengan tiga tim lain di klasemen memiliki celah,” kata Hoan Anh Tuan seperti dikutip dari Soha.vn.

“Tapi menurut saya, itu masalah teori. Karena kalau kami punya cukup kemauan, konsentrasi, dan tekad, saya pikir kita akan mendapat hasil yang bagus,” lanjutnya.

3 dari 4 halaman

Persiapan Matang

Sebetulnya, gelaran Piala Asia U-20 bukanlah hal baru bagi pelatih berusia 54 tahun itu. Sebab, pada edisi 2016 silam, ia pernah mengantarkan anak asuhnya melaju hingga semifinal.

Sayangnya, Vietnam U-19 gagal melanjutkan perjuangannya ke partai puncak karena digasak Jepang U-19 tiga gol tanpa balas pada semifinal Piala Asia U-19 2016.

“Namun, untuk hasilnya nanti, kami harus menunggu turnamen berlangsung. Perbedaan Timnas Vietnam U-20 dengan tim di Grup B tidak terlalu besar,” ujarnya.

“Saya pikir, Vietnam U-20 akan memiliki pertandingan yang bagus karena kami memiliki periode latihan yang baik, di dalam maupun luar negeri,” lanjut pelatih yang pernah mengasuh Vietnam U-19 di periode 2015 hingga 2019 ini.

4 dari 4 halaman

Jalan Terjal

Timnas Vietnam U-20 memang harus menjalani jalan yang cukup terjal untuk merebut tiket ke putaran final Piala Asia U-20 2023.

Sebab, mereka sempat tumbang dari Timnas Indonesia U-20 secara dramatis dengan skor 2-3 pada laga pamungkas Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Beruntung, dengan koleksi dua kemenangan dan satu kekalahan, Vietnam U-20 sukses memuncaki klasemen runner-up terbaik dan merebut tiket ke putaran final.

Salah satu lawan sulit yang akan dihadapi Vietnam di Grup B ialah Iran. Sebab, Iran U-20 sudah pernah empat kali meraih gelar juara di ajang ini, tepatnya pada edisi 1973, 1974, 1975, hingga 1976.

 

Sumber: Soha

Video Populer

Foto Populer