Sukses


BRI Liga 1: Persebaya Siapkan Michael Rumere Jadi Striker Pengganti Paulo Victor, Memangnya Bisa?

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya sudah menemukan pengganti striker Paulo Victor yang mengalami cedera hamstring. Jajaran pelatih bakal memasang Michael Rumere yang notabene adalah seorang gelandang.

Hal ini tentu menjadi pertanyaan mengingat Rumere berposisi asli sebagai gelandang. Skuad Persebaya Surabaya juga masih memiliki Januar Eka Ramadhan atau Ahmad Nufiandani yang juga bisa dimainkan sebagai ujung tombak serangan.

Namun, asisten pelatih Persebaya Surabaya, Mustaqim, memiliki penilaian lain. Dia berpendapat bahwa Michael Rumere terbukti bisa menjalankan instruksi dan perannya sebagai pengganti Paulo Victor.

"Saya melihat Rumere ini perkembangannya bagus. Walau dia bukan striker murni, tetapi pemain ini memiliki daya juang. Dia juga pintar mencari tempat, memposisikan diri sebagai tembok, kapan minta bola daerah," ungkap Mustaqim.

Rumere sempat tampil sebagai striker saat Persebaya Surabaya menang 5-0 melawan Persita Tangerang pada pekan ke-19 BRI Liga 1 2022/2023 pada 18 Januari 2023. Namun, tidak adak ontribusi yang dilakukannya meski tampil sejak menit pertama.

Dia lantas ditarik keluar pada awal babak kedua dan digantikan dengan Paulo Victor. Hasilnya, Victor justru tampil apik dalam laga debutnya di BRI Liga 1 dengan mencetak masing-masing satu gol dan assist.

2 dari 5 halaman

Rumere di Mata Mustaqim

Setelah itu Paulo Victor selalu tampil sebagai starter. Sayang, dia tidak bisa tampil penuh dalam laga terakhir kontra Borneo FC pada 3 Februari 2023. Ia mengalami cedera dan digantikan pada menit ke-37.

Rumere lantas masuk sebagai pengganti untuk mengisi posisi tersebut. Alhasil, dia rupanya berhasil menyumbang satu assist melawan Borneo FC. Persebaya Surabaya akhirnya juga menang 3-2 dalam laga pekan ke-22 itu.

"Penguasaan bola juga kuat, artinya tidak cepat hilang bola. Ketika hilang bola, dia langsung menjadi defender. Ini ada peningkatan yang bagus," ujar Mustaqim memberi pujian untuk Rumere.

"Anak ini maksimal. Artinya ketika pelatih membeikan instruksi, berapa pun waktunya, dia harus maksimal. Itu yang sebenarnya ketika pemain dipercaya tampil, sesuatu yang harus dilakukan pemain yang dibeikan kesempatan," imbuhnya.

3 dari 5 halaman

Bukan Pelapis bagi Victor

Rumere sebenarnya bukanlah pelapis yang sepadan bagi Victor. Ia kerap salah posisi ketika mendapatkan umpan. Posturnya yang tidak terlalu tinggi juga tidak diimbangi dengan kecepatan.

Ketika melawan Borneo FC, Rumere juga beberapa kali membuang peluang. Tercatat ada dua kali kejadian yang seharusnya bisa dimaksimalkan oleh Rumere untuk menjadi gol. Sayang, eksekusinya tidak sempurna.

Paulo Victor tampil apik sejak bergabung bersama Persebaya Surabaya mulai putaran kedua BRI Liga 1 2022/2023. Sejauh ini dia sudah mencetak dua gol dan satu assist dalam empat penampilan.

4 dari 5 halaman

Tidak Terkalahkan

Persebaya Surabaya kini telah membukukan catatan tidak terkalahkan dalam delapan pertandingan terakhir. Mereka mencatat lima kemenangan beruntun. Hebatnya, tim Bajul Ijo juga selalu menang dalam empat laga putaran kedua.

Persebaya kini menghuni peringkat ketujuh dalam klasemen sementara BRI Liga 1. Namun, kini mereka mengoleksi 34 poin dari 21 laga yang telah dilakoni, hasil dari 10 kemenangan, 4 hasil imbang, dan 7 kekalahan.

5 dari 5 halaman

Posisi Persebaya di BRI Liga 1 saat Ini

Video Populer

Foto Populer