Sukses


Terungkap Alasan Shin Tae-yong Ingin Marselino Ferdinan dan Roberto Kwateh Pulang dari Eropa untuk Gabung Timnas Indonesia U-20

Bola.com, Jakarta - Batang hidung sembilan pemain masih belum terlihat dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia U-20 di Jakarta per Rabu (8/2/2023) untuk Piala Asia U-20 2023.

Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong memanggil 30 personil untuk training center di ibu kota pada 1-28 Februari 2023.

Dua dari sembilan nama yang belum bergabung dengan Timnas Indonesia U-20 tengah berada di Eropa. Keduanya adalah Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh.

Sementara, tujuh personil lainnya ialah Muhammad Ferarri, Alfriyanto Nico, Cahya Supriadi, serta Dony Tri Pamungkas dari Persija Jakarta.

Selain itu, juga terdapat Robi Darwis, Kakang Rudianto, dan Ferdiansyah yang berasal dari Persib Bandung.

2 dari 5 halaman

Penjelasan Asisten Shin Tae-yong

Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong menginginkan kesembilannya bergabung ke training center, termasuk Marselino dan Ronaldo.

Soalnya, pemusatan latihan di Jakarta tidak hanya bertujuan untuk Piala Asia U-20 2023 pada 1-8 Maret 2023 di Uzbekistan, namun juga demi Piala Dunia U-20 2023 pada 20 Mei-11 Juni 2023 di Indonesia.

"Kami sangat memahami kebutuhan klub dan coach Shin Tae-yong juga setuju pemain akan lebih baik bermain di kompetisi," ujar asisten pelatih Timnas Indonesia U-20, Nova Arianto dalam akun Instagramnya, @novarianto30, Rabu (8/2/2023).

"Kami juga senang ada dua pemain yang bermain di luar negeri. Akan tetapi, harus dipahami Timnas Indonesia U-20 sedang mempersiapkan untuk dua kejuaraan besar," jelasnya.

3 dari 5 halaman

Marselino Ferdinan Baru Gabung

Marselino baru saja bergabung dengan klub kasta kedua Liga Belgia, KMSK Deinze, sementara Ronaldo selangkah lagi merapat ke tim divisi kedua Liga Turki, Bodrumspor.

"Coach Shin ingin pemain segera bergabung karena tim kepelatihan selain harus membentuk fisik dasar pemain, tetapi juga menyiapkan organisasi tim dan skema yang akan dipakai dalam dua turnamen itu," ujar Nova.

"Bagaimana bisa Timnas Indonesia U-20 berlatih taktikal kalau beberapa pemain masih belum hadir," imbuh Nova.

4 dari 5 halaman

Turnamen Mini

Timnas Indonesia U-20 dijadwakan akan beruji coba dengan tiga negara dalam konsep turnamen mini sebelum berkancah di Piala Asia U-20 2023.

Tim berjulukan Garuda Nusantara itu bakal menghadapi Fiji, Guatemala, dan Republik Dominika di Jakarta pada 17, 19, atau 22 Februari 2023.

"Semoga rencana uji coba yang sudah disiapkan bisa berjalan lancar dan kami membutuhkan pemain terbaik untuk bermain," ungkap Nova.

"Sambil melihat perkembangan Timnas Indonesia U-20 dan apa yang harus diperbaiki sehingga tim ini siap untuk Piala Dunia U-20 2023," terangnya.

5 dari 5 halaman

Unggahan Nova Arianto

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Nova Arianto 🇮🇩 (@novarianto30)

Video Populer

Foto Populer