Sukses


Gelandang Persebaya Tak Masalah Dijadikan Striker Pengganti Paulo Victor

Bola.com, Jakarta - Persebaya Surabaya telah memutuskan sosok pengganti striker Paulo Victor yang mengalami cedera hamstring. Jajaran pelatih berencana memasang Michael Rumere di posisi ujung tombak lini depan.

Hal ini tentu jadi pertanyaan mengingat Rumere berposisi asli sebagai gelandang. Skuat Persebaya juga masih memiliki Januar Eka Ramadhan atau Ahmad Nufiandani yang juga bisa dimainkan sebagai ujung tombak serangan.

Keputusan ini satu di antaranya dilandasi oleh kondisi stok gelandang Persebaya yang melimpah musim ini. Padahal secara strategi pelatih Aji Santoso lebih kerap memasang tiga pemain tengah.

Rumere sebenarnya bukanlah pelapis yang sepadan bagi Victor. Dia kerap salah posisi ketika mendapatkan umpan. Posturnya yang tidak terlalu tinggi juga tak diimbangi dengan kecepatan. 

 

2 dari 5 halaman

Rumere Siap Bermain sebagai Striker

Namun, sejak memasuki putaran kedua, Rumere kerap menjadi pilihan mengisi posisi striker. Sudah tiga kali dia diturunkan sebagai tukang gedor pertahanan lawan. Terkadang dia juga harus bergantian dengan Paulo Victor.

"Sebagai pemain profesional, saya harus bisa ditempatkan di mana pun pelatih inginkan, harus bisa beradaptasi,” ujar pemilik nomor punggung 30 itu.

Rumere pertama kali dicoba sebagai striker saat Persebaya menang 5-0 melawan Persita Tangerang di pekan ke-19 BRI Liga 1 2022/2023 lalu (18/1/2023). Tak ada kontribusi gol atau assist meski tampil sejak menit pertama.

Dia lantas ditarik keluar pada awal babak kedua dan diganti dengan Paulo Victor. Hasilnya, Victor tampil apik dalam laga debutnya di Liga 1 itu dengan mencetak masing-masing satu gol dan assist.

 

 

 

3 dari 5 halaman

Tidak Punya Target Gol

Yang terjadi selanjutnya adalah Paulo Victor selalu tampil sebagai starter. Sayang, dia tidak bisa tampil penuh di laga terakhir kontra Borneo FC (3/2/2023), karena  mengalami cedera dan ditarik keluar pada menit ke-37.

Rumere lantas masuk sebagai pengganti untuk mengisi posisi itu. Rupanya, dia berhasil menyumbang satu assist melawan Borneo. Persebaya pada akhirnya juga menang 3-2 dalam laga pekan ke-22 itu.

Bermain di posisi baru sempat membuatnya canggung. Beruntung, dorongan dari rekan setim serta pelatih membuat kepercayaan diri Rumere bertambah. Baginya, di mana saja ditempatkan tidak menjadi masalah.

Yang terpenting bisa berkontribusi untuk kemenangan tim. Rumere juga enggan menargetkan gol maupun assist. Dia hanya berusaha melakukan yang terbaik di dalam latihan maupun pertandingan.

“Yang terpenting tim menang. Soal cetak gol itu berkah dari Tuhan,” ujarnya.

 

4 dari 5 halaman

Pujian Aji Santoso

Sementara itu pelatih Aji Santoso juga memuji perkembangan Rumere. Menurutnya kemampuan adaptasi itu yang dibutuhkan dalam mengarungi kompetisi.

"Memang itu bukan posisi asli Rumere, tapi dia bisa beradaptasi. Determinasi dan daya juangnya harus diapresiasi. Semoga dia terus berkembang dan menunjukkan permainan terbaiknya,” ucap Aji Santoso.

Persebaya kini telah membukukan catatan tak terkalahkan dalam delapan pertandingan terakhir. Mereka bahkan mencatatkan lima kemenangan beruntun, hebatnya tim Bajul Ijo juga selalu menang dalam empat laga putaran kedua.

Persebaya kini menghuni peringkat ketujuh klasemen sementara dengan mengoleksi 34 poin dari 21 pertandingan. Berikutnya, Bajul Ijo bakal menjamu PSS Sleman dalam pekan ke-24 di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, Senin (13/2/2023).

5 dari 5 halaman

Yuk Lihat Peta Persaingan

Video Populer

Foto Populer