Sukses


Proses Naturalisasi 3 Pemain Keturunan untuk Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023 Terus Berjalan

Bola.com, Jakarta - Proses naturalisasi tiga pemain keturunan untuk membela Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023 masih terus berjalan. Ketiga pemain tersebut adalah Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Rafael Struick.

Nama-nama itu lahir di Belanda. Saat ini, Hubner membela Wolverhampton Wanderers U-21 di Inggris, Jenner bermain untuk Jong Utrecht di Belanda, dan Struick memperkuat ADO Den Haag di Belanda.

Utusan PSSI yang mengurus proses naturalisasi, Hamdan Hamedan, mengabarkan perkembangan perpindahan kewarganegaraan ketiga pemain itu untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Hamdan mengatakan bahwa proses naturalisasi ketiganya sedang dibahas oleh Kementerian Sekretarian Negara (Kemensetneg) sebelum menuju tahap selanjutnya.

Umumnya, alur naturalisasi dimulai dari PSSI lalu ke Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Kemensetneg, Badan Intelijen Negara (BIN), Kemensetneg, Presiden, DPR, Keputusan Presiden (Keppres), dan sumpah WNI di Kemenkumham.

"Dokumen tiga pemain tersebut sudah berada di Kemensetneg," ujar Hamdan dalam akun Instagramnya, @hamdan.hamedan, Jumat (10/2/2023).

 

2 dari 3 halaman

Jadi Pembicara

Hamdan baru saja menjadi pembicara di Konsinyering Pewarganegaraan yang digelar Kemenkumham dan dihadiri perwakilan Kemensetneg hingga Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Hamdan mengungkapkan permintaan naturalisasi pemain keturunan berasal dari pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong demi Piala Dunia U-20 2023.

 

3 dari 3 halaman

Komentar Hamdan

"Selain sedikit membahas tentang diaspora, saya juga membahas alasan naturalisasi berbasis kebutuhan timnas yang diminta resmi oleh coach Shin Tae-yong sebagai upaya penguatan tim Piala Dunia U-20," tutur Hamdan.

"Saya juga menjelaskan bahwa kualitas pemain yang hendak dinaturalisasi telah dicek betul oleh tim kepelatihan. Mereka pun akan terus berkarir di kompetisi Eropa sehingga harapannya kemampuan mereka dapat terus meningkat."

"Dan goal utamanya adalah dapat membantu meningkatkan prestasi timnas, baik dalam konteks ranking FIFA atau membantu timnas meraih trofi atau target tertentu," imbuhnya.

Disadur dari: Bola.net (Fitri Apriani/Published: 10/2/2023)

Video Populer

Foto Populer