Sukses


Hasil BRI Liga 1: Bungkam Arema FC, Persija Gusur PSM dari Puncak Klasemen

Bola.com, Bekasi - Persija Jakarta menang 2-0 atas Arema FC pada laga pekan ke-24 BRI Liga 1 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu (12/2/2023) sore WIB. Hasil positif itu membuat Persija menggusur PSM Makassar dari puncak klasemen.

Tim yang dijuluki Macan Kemayoran tersebut kini mendulang 47 poin, unggul head to head atas PSM yang turun ke urutan kedua. Di sisi lain, Arema FC bercokol di tempat kesembilan dengan nilai 29.

Pelatih Arema, I Putu Gede, punya keberanian tampil hanya dengan satu pemain asing pada laga ini, yakni Sergio Silva. Adapun Abel Camara dan Adilson Maringa dicadangkan.

Hal yang sama dilakukan pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll. Pria asal Jerman itu mencadangkan Michael Kremancik dan Hanno Berhren, dan memainkan rekrutan anyar, Witan Sulaeman, sejak menit awal.

Pemain Timnas Indonesia yang sebelumnya membela AS Trencin itu beberapa kali membuat lini belakang Arema panik. Beroperasi di sayap kiri, umpan-umpan Witan sulit diantisipasi lawan.

Persija Jakarta mendominasi jalannya pertandingan. Adapun Arema FC, memilih serangan balik sebagai senjata andalan. Strategi tersebut lumayan merepotkan Persija. Beberapa kali Dedik Setiawan lepas dari kawalan pemain Tim Macan Kemayoran.

2 dari 5 halaman

Persija Membuka Keunggulan

Masuk menit ke-35, Persija Jakarta mendapatkan hadiah penalti setelah Hanif Sjahbandi dilanggar Achmad Figo di kotak terlarang. Hanif yang maju sebagai eksekutor berhasil membawa Persija unggul 1-0.

Berhasil memimpin, Tim Macan Kemayoran tak mengendurkan intensitas serangan. Pada menit ke-43, Persija nyaris menggandakan keunggulan.

Aksi individu Witan Sulaeman diakhiri dengan umpan matang kepada Riko Simanjuntak yang menunggu didepan gawang. Sayangnya, bola hasil tendangan Riko meluncur lemah dan mudah diamankan kiper Arema FC, Teguh Amiruddin.

Skor 1-0 untuk keunggulan Persija bertahan hingga turun minum.

3 dari 5 halaman

Babak Kedua

Untuk mengejar keunggulan lawan, Arema memasukkan dua pemain yang punya naluri menyerang pada babak kedua, yakni Tito Hamzah dan M. Rafli. Di sisi lain, Persija hanya memasukkan satu pemain muda, Dony Tri Pamungkas sebagai bek kiri.

Permainan Arema mulai berkembang pada babak kedua. Hanya saja belum ada serangan tajam yang diciptakan, karena pertahanan Persija terlihat sangat rapat. Persija Jakarta melakukan pressing ketat ketika pemain Arema mulai masuk ke daerah pertahanannya.

Pada menit ke-78, Persija Jakarta sukses menggandakan keunggulan, Osvaldo Haay yang berhadapan dengan kiper Arema, memilih memberikan umpan kepada Michael Krmencik.

Meski terlihat dalam posisi offiside, bola hasil sontekan Krmencik yang merobek gawang Arema tetap disahkan wasit. Sampai laga rampung, skor 2-0 untuk kemenangan Persija tetap bertahan.

4 dari 5 halaman

Susunan Pemain

Persija Jakarta (5-2-3): Andritany Ardhiyasa (kiper); Rio Fahmi, Hansamu Yama, Ondrej Kudela, M. Ferrari, Firza Andika (belakang); Hanif Sjahbandi, Resky Fandi (tengah); Riko Simanjuntak, Aji Kusuma, Witan Sulaeman (depan).

Pelatih: Thomas Doll

Arema FC (4-3-3): Teguh Amiruddin (kiper); Achmad Figo, Bagas Adi, Sergio Silva, Ahmad Alfarizi (belakang); Jayus Hariono, Evan Dimas, Gian Zola (tengah); Dendi Santoso, Dedik Setiawan, Ilham Udin Armaiyn (depan).

Pelatih: I Putu Gede.

5 dari 5 halaman

Simak Posisi Persija dan Arema FC di Bawah Ini:

Video Populer

Foto Populer