Sukses


BRI Liga 1: Persebaya Wajib Kalahkan PSS Jika Ingin Posisi di Klasemen Terdongkrak

Bola.com, Gresik - Persebaya Surabaya kini dalam motivasi tinggi untuk meneruskan tren kemenangan di BRI Liga 1 2022/2023. Persebaya bertekad menang saat menjamu PSS Sleman di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik pada pekan ke-24, Senin (13/2/2023) sore WIB.

Tim yang dijuluki Bajul Ijo itu termasuk tim yang tampil apik selama putaran kedua Liga 1 musim ini. Mereka berhasil menang dalam empat pertandingan terakhir, yakni kontra Persita Tangerang, Bhayangkara FC, Madura United, dan Borneo FC.

Tim asal Kota Pahlawan itu juga membukukan 12 gol dalam empat laga putaran kedua. Artinya, rata-rata Persebaya Surabaya mencetak tiga gol per pertandingan.

Jika ditarik ke belakang, Tim Bajul Ijo malah sudah melewati delapan laga terakhir tanpa kekalahan. Mereka sempat bermain imbang kontra Persik Kediri, Persija Jakarta, dan Persis Solo. Persebaya Surabaya kemudian menang melawan Dewa United pada pengujung putaran pertama.

Tim asal Kota Pahlawan itu kini menduduki peringkat ketujuh klasemen sementara BRI Liga 1 dengan 34 poin dari 21 pertandingan. Jika mengalahkan PSS, Persebaya Surabaya dipastikan naik peringkat dengan mengoleksi 37 poin dari 22 laga.

 

2 dari 5 halaman

Jangan Jadikan Beban

Pelatih Persebaya, Aji Santoso, menekankan kepada para pemainnya untuk berjuang keras. Dia berharap Alwi Slamat dkk. semakin punya motivasi tinggi, alih-alih merasa tertekan dengan rentetan hasil positif.

"Menurut saya tren kemenangan itu justru jadi tambahan motivasi. Jadi saya selalu tekankan kepada pemain bahwa target yang diberikan bukan untuk jadi beban, tapi tantangan yang harus dijawab," ungkap Aji Santoso, Minggu (12/2/2023).

"Sama juga untuk melakoni pertandingan melawan PSS. Kalau kami menang, otomatis kami paling tidak di posisi kelima, selisih tiga poin dengan Madura United. Tapi mereka memiliki dua pertandingan lebih banyak, karena sudah main 24 kali," imbuhnya.

 

3 dari 5 halaman

Belum Akan Menyalip Madura United

Madura United memang menghuni peringkat keempat dengan 40 angka dari 24 pertandingan. Artinya, Persebaya dalam waktu dekat belum bisa menyalip Laskar Sape Kerap.

Kemungkinan Persebaya menduduki peringkat kelima jika mengalahkan PSS juga tidak akan terjadi. Pasalnya, posisi kelima dihuni oleh Borneo FC yang kini telah mengantongi 37 angka dalam 23 pertandingan.

Jumlah poin itu akan sama dengan Persebaya. Jika dilihat catatan head-to-head, kedua tim ini akan saling mengalahkan. Namun, Borneo lebih unggul selisih gol dengan 14 angka, berbeda dengan Persebaya yang baru tujuh.

 

4 dari 5 halaman

Bakal Menggeser Bali United

Artinya, Persebaya belum bisa menggeser Borneo dan berada di peringkat kelima jika mengalahkan PSS. Yang mungkin terjadi adalah mereka bakal menyalip Bali United yang kini menghuni peringkat keenam dengan koleksi 36 poin dari 22 laga.

"Saya sangat yakin semua pemain sudah tahu bagaimana posisi pertandingan besok. Jadi saya yakin sekali pemain akan tampil maksimal untuk bisa memenangkan pertandingan," ucap Aji Santoso.

Terlepas dari itu, kemenangan atas PSS tetap wajib didapatkan. Dengan begitu, mereka akan naik peringkat sekaligus melanjutkan tren tak terkalahkan menjadi sembilan laga secara beruntun.

5 dari 5 halaman

Simak Posisi Klub Favorit Kamu di Bawah Ini:

Video Populer

Foto Populer