Sukses


BRI Liga 1: Persebaya Kalahkan PSS Berkat Bisikan dari Ze Valente, Apa Itu?

Bola.com, Gresik - Gelandang Ze Valente punya peran penting dalam kemenangan Persebaya Surabaya atas PSS Sleman. Dia membocorkan informasi kepada tim Bajul Ijo untuk menundukkan tamunya.

Maklum saja, status Ze Valente adalah mantan pemain PSS. Alhasil, Persebaya mampu menang 4-2 atas PSS dalam pekan ke-24 BRI Liga 1 2022/2023 di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, Senin (13/2/2023).

PSS adalah klub Indonesia pertama yang dibelanya pada putaran pertama Liga 1 musim ini. Di bursa transfer, gelandang berpaspor Portugal itu memilih hengkang dan bergabung Persebaya.

Pelatih Persebaya, Aji Santoso, mengakui bahwa bocoran informasi soal kelebihan dan kekurangan PSS didapatnya dari Ze Valente. Simak penjelasannya di bawah ini.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Kontribusi Penting

Tak cuma informasi, Ze Valente menyumbang kontribusi impresif melawan mantan klubnya lewat tembakan atau umpan kunci. Dia berhasil mencetak dua gol dan satu assist.

“Ze sempat berbicara kepada saya, memberi informasi kepada saya tentang kekuatan PSS Sleman karena dia setengah musim di sana. Saya juga menekankan kepada Ze, waktunya menunjukkan seorang profesional,” ungkap Aji Santoso.

“Di mana bernaung di klub, itulah yang harus dibela sekarang seratus persen. Penampilannya luar biasa, dia bisa cetak dua gol dan memberi satu assist. Itu memang yang saya inginkan,” imbuh pelatih berlisensi AFC Pro itu.

3 dari 5 halaman

2 Gol

Ze Valente memborong dua gol pada menit ke-45 dan ke-59. Dua gol lainnya disumbang oleh Michael Rumere (56’) dan Januar Eka Ramadhan (90+1’). Satu assist yang disumbang Ze Valente tercipta untuk gol Januar.

Menariknya, Ze yang membuka kran gol Persebaya tidak melakukan selebrasi. Setelah mencetak gol pertama, dia memilih mengangkat kedua tangannya. Padahal, rekan-rekannya menghampiri untuk merayakan gol itu.

Sebenarnya, itu merupakan gol pertama yang dicetak oleh Ze Valente selama membela Persebaya. Dia sebelumnya baru menyumbang dua assist saja dalam empat laga selama putaran kedua. Tapi, gelandang asal Portugal itu tetap berusaha menghormati mantan klubnya. 

4 dari 5 halaman

Klop

Ze Valente tampaknya sudah sangat memahami gaya permainan PSS, baik kelebihan maupun kekurangannya. Makanya, dia pun berhasil menunjukkan performa terbaiknya lewat kontribusi optimal buat Persebaya.

Fakta menariknya adalah semua gol yang dicetak Persebaya ke gawang PSS lahir di kotak penalti. Hal ini tampaknya juga berkat informasi dari Ze Valente yang kemudian diinstruksikan Aji Santoso kepada para pemainnya.

“Saya selalu menekankan ketika latihan atau meeting dalam pertandingan, saya tekankan saya lebih suka pemain-pemain saya mencetak gol di dalam kotak penalti. Alhamdulillah, semua terjadi di kotak penalti. Ini luar biasa,” ucapnya.

5 dari 5 halaman

Posisi Persebaya

Persebaya kini naik ke peringkat keenam klasemen sementara dengan mengoleksi 37 poin dari 22 pertandingan. Berikutnya, tim Bajul Ijo akan melawat ke markas Bali United dalam pekan ke-25 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (18/2/2023).

Video Populer

Foto Populer