Sukses


Kilas Balik Performa Hebat Timnas Vietnam U-20 di Piala Asia U-20 2016: Tembus Semifinal dan Piala Dunia U-20

Bola.com, Jakarta - Piala Asia U-20 2016 menjadi ajang yang diingat oleh publik sepak bola Vietnam. Pada turnamen yang digelar di Bahrain itu, Timnas Vietnam U-20 mampu lolos hingga semifinal.

Dengan lolos ke fase tersebut, Timnas Vietnam U-20 berhak pula berlaga di putaran final Piala Dunia 2017 yang digelar di Korea Selatan. Prestasi yang baru pertama mereka rasakan.

Timnas Vietnam U-20 mengawali Piala Asia U-20 2016 dengan baik. Mereka menang 2-1 atas Korea Utara U-20.

Pada laga kedua, Timnas Vietnam U-20 berhasil menaham imbang Timnas Uni Emirat Arab U-20 dengan skor 1-1. Pada laga terakhir babak grup, Timnas Vietnam U-20 kembali bermain imbang 0-0 saat menghadapi Timnas Irak U-20.

Lima poin dari tiga laga itu membuat skuad muda The Golden Stars menjadi runner-up Grup B dan melaju ke perempat final Piala Asia U-20 2016.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Penampilan Heroik di Prempatfinal

Pada babak perempatfinal, Timnas Vietnam U-20 harus berahadapan dengan sang tuan rumah, Timnas Bahrain U-20. Sang tuan rumah tentu diunggulkan pada laga ini.

Selain status mereka, Bahrain juga tampil apik di babak grup dengan menjadi juara di Grup A.

Namun, Vietnam tampil luar biasa. Mereka menang 1-0 berkat gol dari Tran Thanh pada menit ke-73.

Sayangnya, pada babak semifinal Timnas Vietna U-20 tak berdaya saat menghadapi Timnas Jepang U-20. Tim asuhan Hoàng Anh Tuấn kalah telak 0-3.

3 dari 4 halaman

Antiklimaks di Piala Dunia U-20 2017

Timnas Vietnam U-20 datang ke Korea Selatan pada Piala Dunia U-20 2017 dengan cukup percaya diri. Mereka mencoba tidak inferior dengan status debutan yang mereka sandang.

Timnas Vietnam U-20 sebenarnya mengawali turnamen dengan baik. Mereka menahan Selandia Baru U-20 0-0 pada laga pembuka babak grup.

Namun, pada dua laga sisa, Vietnam U-20 kalah 0-4 dari Prancis U-20 dan kalah 0-2 dari Honduras U-20. Vietnam pun harus puas sebagai juru kunci Grup E dengan satu poin.

4 dari 4 halaman

Naik ke Tim Senior

Menariknya, cukup banyak pemain lulusan Timnas Vietnam U-20 pada Piala Asia U-20 2016 yang naik ke level senior Timnas Vietnam.

Sebut saja Doan Van Hau. Publik sepak bola Indonesia tentu tidak asing dengan bek kiri jangkung satu ini.

Pemain lain seperti Ho Tan Tai, Nguyen Tien Linh, dan Nguyen Quang Hai sampai saat ini pun masih mendapatkan tempat di Timnas Vietnam senior.

Bahkan, Van Hau dan Quang Hai pernah merasakan kompetisi Eropa. Van Hau pernah bermain di Belanda bersama Herenveen, sementara Quang Hai sampai saat ini masih belum beranjak dari klub Prancis, Pau FC.

Video Populer

Foto Populer