Sukses


Nilai Pasar Terkini Bintang Timnas Indonesia yang Bermain di Luar Negeri, Siapa Paling Mahal?

Bola.com, Jakarta - Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman memutuskan menyudahi kariernya di luar negeri. Untuk sementara, dua pemain Timnas Indonesia itu memutuskan menerima tawaran dari klub BRI Liga 1.

Egy menerima tawaran dari Dewa United. Sementara itu, Witan Sulaeman bergabung dengan Persija Jakarta. Namun, jumlah pemain Timnas Indonesia yang berlaga di luar negeri pun bertambah lagi. 

Ada Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh yang berani menjajal kerasnya Eropa. Marselino menerima tawaran dari klub Belgia, KMSK Deinze, sedangkan Ronaldo dikontrak klub Turki, Bodrumspor.

Saat ini, ada sembilan bintang Timnas Indonesia yang tercatat bermain di luar negeri. Ada yang sudah lama, ada pula yang baru menjajal tantangan baru. 

Bola.com pun memiliki catatan nilai pasar para pemain Timnas Indonesia yang saat ini bermain di luar negeri. Simak ulasannya di bawah ini. 

2 dari 5 halaman

Sandy Walsh Termahal

Sandy Walsh baru beberapa bulan lalu resmi menjadi Warga Negara Indonesia. Pemain keturunan Belanda itu selesai menjalani proses naturalisasi.

Saat ini Walsh masih bermain di Belgia. Ia memperkuat KV Mechelen, klub yang sudah dibela sejak Oktober 2020.

Menurut data dari Transfermartkt, saat ini nilai pasar Sandy Walsh diperkirakan mencapai Rp34,76 miliar. Angka itu membuatnya menjadi pemain Timnas Indonesia dengan nilai pasar termahal.

Walsh sedang menunggu debut di Timnas Indonesia. Debut itu sepertinya akan datang pada Maret mendatang ketika Tim Merah-Putih menjalani laga pada FIFA Matchday.

3 dari 5 halaman

Jordi Amat Masih Mahal

Jordi Amat menjadi pemain naturalisasi terbaru yang memperkuat Timnas Indonesia. Piala AFF 2022 menjadi debut pemain berusia 30 tahun itu bersama skuad Garuda.

Sejauh ini, Jordi Amat sudah mencatatkan empat caps untuk Timnas Indonesia. Caps itu seharusnya akan bertambah banyak mengingat penampilan apik yang ditampilkan Amat pada Piala AFF 2022.

Saat ini, Jordi Amat masih memperkuat klub Malaysia, Johor Darul Ta'zim. Nilai pasar eks bek Swansea City itu pun masih terbilang mahal untuk pemain berusia 30 tahun.

Menurut data dari Transfermarkt, Jordi Amat memiliki nilai pasar yang menyentuh angka Rp17,38 miliar. Ia menjadi pemain dengan nilai pasar termahal kedua di Timnas Indonesia. 

4 dari 5 halaman

Potensi Marselino dan Ronaldo

Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh menjadi pemain Timnas Indonesia terbaru yang mencoba karier di luar negeri. Marselino bermain di KMSK Deimze dan Ronaldo bermain di Bodrumspor.

Nilai pasar kedua wonderkid itu ada di kisaran Rp3 miliar. Marselino diperkirakan memiliki nilai pasar Rp3,91 miliar. Sementara itu, Ronaldo Kwateh diperkirakan memiliki nilai pasar Rp3,04 miliar.

Namun, dua pemain ini sangat potensial untuk terus meningkat performanya. Hal itu akan berdampak pula pada peningkatan nilai pasar dari Marselino dan Ronaldo.

Dua pemain itu pun menjadi andalan di Timnas Indonesia U-20 yang akan berlaga di Piala Asia U-20 2023 dan Piala Dunia U-20 2023. Selain itu, Marselino dan Ronaldo juga sudah cukup sering bermain di Timnas Indonesia senior. 

5 dari 5 halaman

Nilai Pasar Pemain Timnas Indonesia yang Berkarier di Luar Negeri

  • Sandy Walsh (KV Mechelen/Rp34,76 miliar)
  • Jordi Amat (Johor Darul Ta'zim/Rp17,38 miliar)
  • Shayne Pattynama (Viking FK/Rp6,96 miliar)
  • Asnawi Mangkualam (Jeongnam Dragonds/Rp5,65 miliar)
  • Saddil Ramdani (Sabah FC/Rp5,21 miliar)
  • Elkan Baggott (Cheltenham Town/Rp4,35 miliar)
  • Pratama Arhan (Tokyo Verdy/Rp4,35 miliar)
  • Marselino Ferdinan (KMSK Deinze/Rp3,91 miliar)
  • Ronaldo Kwateh (Bodrumspor/Rp3,04 miliar)

Sumber: Transfermarkt

Video Populer

Foto Populer