Sukses


Jokowi Sudah Setuju, Naturalisasi 3 Pemain Belanda untuk Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023 Tinggal Beberapa Tahap Lagi

Bola.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali mengatakan bahwa Presiden Jokowi telah menyetujui naturalisasi tiga pemain keturunan dari Belanda untuk Timnas Indonesia U-20.

Ketiganya adalah Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Rafael Struick yang diproyeksikan untuk membela Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023.

Seusai menerima lampu hijau dari Presiden, proses naturalisasi ketiganya untuk Timnas Indonesia U-20 akan memasuki tahapan Sidang Paripurna oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

"Pak Presiden sudah menandatangani. Saya sudah terima dan masih harus menunggu sidang paripurna DPR karena DPR masih reses," ujar Amali.

2 dari 5 halaman

Permintaan Shin Tae-yong

Naturalisasi Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Rafael Struick adalah permintaan dari pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong ingin ketiganya membela Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023 untuk mewujudkan target lolos dari babak penyisihan atau masuk ke-16 besar.

3 dari 5 halaman

Alur Naturalisasi

Alur naturalisasi ketiganya dimulai dari PSSI, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Kemensetneg, BIN, Kemensetneg, Presiden, DPR, Keputusan Presiden (Keppres), dan pengambilan sumpah di Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham.

Artinya, proses naturalisasi Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Rafael Struick tinggal beberapa langkah lagi sebelum resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

4 dari 5 halaman

Peralihan Asosiasi

Setelah prosedur naturalisasi itu selesai, PSSI masih harus mengurus perpindahan asosiasi ketiganya di FIFA dari federasi sepak bola Belanda (KNVB) ke PSSI.

Bila FIFA mengesahkan alih status ketiganya, Ivar Jenner, Justin Hubner, dan Rafael Struick dapat membela Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023 pada 20 Mei-11 Juni 2023.

5 dari 5 halaman

Sudah Berlatih Bareng

Ketiganya sempat berlatih dengan Timnas Indonesia U-20 meski naturalisasinya masih berjalan. Bahkan, Justin Hubner dan Rafael Struick turut bermain dalam uji coba di Spanyol pada November 2022.

"Setelah masuk sidang paripurna DPR, langsung saya dorong untuk tahapan-tahapan akhir naturalisasi," ucap Amali, yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua PSSI itu.

Video Populer

Foto Populer