Sukses


BRI Liga 1: Ilham Udin Pulang Kampung, Arema Tak Punya Cadangan Pemain Sayap

Bola.com, Malang - Arema FC tak bisa turun dengan komposisi terbaik saat menghadapi Persib Bandung dalam lanjutan BRI Liga 1 2022/2023, Kamis (23/02/2023).

Pasalnya pencetak gol kemenangan di laga sebelumnya lawan Barito Putera, Ilham Udin Armaiyn kemungkinan besar absen. Pemain 26 tahun ini tak terlihat dalam sesi latihan sejak awal pekan ini.

Pelatih Arema, I Putu Gede Swisantoso mengatakan jika Ilham izin pulang kampung. Dia harus menunggu istrinya yang hendak melahirkan.

"Ilham masih di rumah karena istrinya mau melahirkan,” kata Putu Gede. Kehilangan Ilham membuat Arema tak punya cadangan pemain sayap lagi. Yang tersisa hanya Tito Hamzah dan Dendi Santoso.

 

 

2 dari 4 halaman

Kesalahan Strategi Transfer

Sebenarnya ada dua nama lain yang bisa difungsikan sebagai sayap yaitu Dedik Setiawan dan Kushedya Hari Yudo. Tapi, Dedik lebih maksimal dijadikan striker. Sementara Yudo masih berkutat dengan cedera.

"Kami baru menyadari, setelah kehilangan Adam Alis, Hanis Sagara dan Irsyad Maulana, tidak ada pengganti untuk Ilham Udin,” lanjutnya.

Tiga pemain yang bisa difungsikan sebagai pemain sayap itu hengkang di paruh musim. Namun Arema justru merekrut gelandang dan pemain belakang. "Ya, kami harus memanfaatkan pemain yang ada,” sambung I Putu Gede.

Padahal peran pemain sayap cukup penting. Karena beberapa laga terakhir, gol Arema lahir lewat serangan dari sektor sayap.

 

 

3 dari 4 halaman

Bisa Ubah Formasi

Namun, tim pelatih Arema tak kehabisan akal dengan keterbatasan pemain sayap. Mereka bisa mengubah formasi timnya.

Ada kemungkinan Arema memakai formasi 3-5-2. Sehingga pemain sayap hanya mengandalkan dua bek sayap. Seperti Rizky Dwi dan Ahmad Alfarizi.

Formasi seperti ini sempat diterapkan pelatih sebelumnya, Javier Roca. Bisa saja hal itu dimatangkan oleh Putu Gede untuk menghadapi Persib. Namun, sang pelatih tak ingin mengumbar taktik yang akan digunakan terlalu dalam kepada media.

"Tentu tidak mungkin saya membahas strategi terlalu banyak di sini. Yang terpenting kami akan coba tampil beda nanti,” tegas mantan pelatih PSMS Medan ini. 

 

4 dari 4 halaman

Yuk Lihat Peta Persaingan

Video Populer

Foto Populer