Sukses


Marselino Ferdinan Debut di Belgia, Aji Santoso Kirim Doa Terbaik

Bola.com, Jakarta - Gelandang Marselino Ferdinan berhasil mencatatkan sejarah baru. Dia resmi menjalani laga debutnya bersama klub kasta kedua Belgia, KMSK Deinze, pada Sabtu (25/2/2023) lalu.

Tanda-tanda Marselino Ferdinan bakal dimainkan sudah muncul tatkala namanya terselip di antara daftar pemain yang dibawa.

Adapun KMSK Deinze tampil menghadapi Jong Genk pada laga pertama fase playoff degradasi Challenger Pro League 2022/2023

Setelah menunggu 80 menit pertandingan, eks pemain Persebaya Surabaya ini akhirnya dimainkan. Dia masuk tempat empat menit setelah Bastien Toma, gelandang Jong Genk, membawa timnya memimpin 2-1.

Ini merupakan momen bersejarah buat Marselino Ferdinan. Meski hanya kurang lebih 10 menit tampil, dia menjadi pemain Indonesia pertama yang berlaga di Liga Belgia dengan masuk menggantikan Jellert van Landschoot yang berposisi sebagai gelandang.

 

2 dari 4 halaman

Aji Santoso Ikut Berbangga

Menariknya, pemain berusia 18 tahun itu Ferdinan menjalani peran sebagai striker. Maklum saja, tertinggal 1-2 membuat KMSK Deinze butuh daya dobrak di lini depan.

Sayang, KMSK Deinze kembali kebobolan pada menit ke-89 melalui gol Cedric Nuozzi. Debut Marselino Ferdinan itu gagal berbuah manis. KMSK Deinze kalah 1-3 di kandang sendiri dari Genk U-23.

Pelatih Persebaya, Aji Santoso, ikut berbangga dengan kesempatan bermain yang didapat oleh mantan anak asuhnya itu. 

“Tentunya tidak gampang untuk meraih penampilan karena levelnya berbeda dengan Indonesia. Saya yakin dengan kemampuan Marselino. Mudah-mudahan debut ini menjadi titik awal dia bisa berkiprah di Eropa lebih baik lagi,” ujarnya.

 

 

3 dari 4 halaman

Sosok Berjasa

Aji pun menjadi sosok yang berjasa besar bagi karier Marselino Ferdinan. Sebab, dia berani mempromosikan Marselino yang masih berusia 17 tahun ke tim senior Persebaya pada Liga 1 2021/2022.

Namanya sempat membuat gempar di awal karier profesionalnya. Marselino Ferdinan masuk dalam daftar 60 wonderkid terbaik dunia yang dirilis oleh media Inggris, The Guardian, pada 6 Oktober 2021 lalu.

Adik Oktafianus Fernando itu disejajarkan dengan wonderkid Lazio, Luka Romero. Lalu terdapat pula pemain muda Borussia Dortmund, Youssoufa Moukoko. Tak ketinggalan masuk pula nama Elias Solberg yang merupakan wonderkid milik Juventus.

The Guardian selalu merilis daftar wonderkid terbaik di dunia setiap tahunnya. Pemain-pemain muda seperti Vinicius Junior, Jadon Sancho, Takefusa Kubo, hingga Pedri pernah masuk dalam daftar ini.

 

4 dari 4 halaman

Marselino Terus Berkembang

Performa Marselino terus berkembang hingga mampu meraih penghargaan sebagai pemain muda terbaik di Liga 1 2021/2022. Marselino Ferdinan  tercatat tampil dalam 24 pertandingan dan mencetak empat gol serta tujuh assist.

Sampai akhirnya, Deinze memberi tawaran kepada Marselino untuk mencoba berkarier di Eropa. Per 1 Februari 2023 lalu, Marselino meninggalkan Persebaya dan bergabung dengan Deinze.

Marselino Ferdinan sendiri memilih fokus di KMSK Deinze untuk sementara. Kasta kedua di Belgia di musim ini baru akan berakhir pada April 2023 dan tenaganya masih sangat dibutuhkan Deinze.

Dia dipastikan absen di Piala Asia U-20 2023 mengingat turnamen tersebut baru akan selesai pada 18 Maret 2023. Setelah kompetisi musim ini di Belgia selesai, Marslino akan pulang ke Tanah Air serta memperkuat Timnas Indonesia U-20 hingga berakhirnya Piala Dunia U-20 2023.

Video Populer

Foto Populer