Sukses


3 Fakta Mengerikan PSM Musim Ini: Gelar Juara BRI Liga 1 di Depan Mata

Bola.com, Jakarta - PSM Makassar meraih kemenangan 3-2 atas Persis Solo pada laga pekan ke-28 BRI Liga 1 2022/2023 yang berlangsung di Stadion Gelora B.J. Habibie, Parepare, Minggu (5/3/2023) sore WIB. Hasil ini membuat mereka makin dekat dengan mahkota juara.

Pada laga tersebut, PSM Makassar menurunkan susunan pemain terbaik untuk menghadapi Persis Solo. Pelatih Bernardo Tavares masih mengandalkan skema 3-5-2.

Persis memecah kebuntuan pada menit ke-32 melalui aksi Ryo Matsumura. Menerima operan Irfan Bachdim, Ryu Matsumura kemudian melepaskan tendangan kaki kiri yang membuat bola merobek sisi kiri gawang PSM.

Gol yang dinanti PSM baru tercipta pada menit ke-61. Namun, Persis berhasil balik unggul pada menit ke-64 setelah Fernando Rodriguez menjebol gawang PSM setelah menyelesaikan umpan Ryo Matsumura.

Lima menit kemudian, PSM kembali menyamakan kedudukan melalui Wiljan Pluim. Situasi berbalik setelah PSM mencetak gol melalui Everton.

Hingga peluit panjang dibunyikan, tak ada gol tambahan. Kemenangan ini semakin membuat PSM kukuh di puncak klasemen sementara BRI Liga 1 dengan nilai 62 poin. Bola.com mencatat ada tiga rekor mencengangkan yang ditorehkan PSM Makassar. Apa saja?

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

8 Kemenangan Beruntun

Hasil 3-2 atas Persis membuat PSM Makassar kini telah mengoleksi delapan kemenangan beruntun. Catatan ini merupakan yang terbaik di antara kontestan Liga 1 lainnya.

Ya, tidak ada satupun klub Liga 1 yang berhasil menorehkan rekor ini. Persib Bandung yang juga pesaing terdekat hanya mencatatkan enam kemenangan beruntun saja.

Setelah ditekuk Persija Jakarta 2-4 pada 25 Januari 2023, PSM mengalahkan RANS Nusantara FC, Arema FC, Barito Putera, dan Persib. Berikutnya, Persik Kediri, Persebaya Surabaya, dan Dewa United jadi korban sebelum Persis dilibasnya.

3 dari 5 halaman

Keangkeran Stadion BJ Habibi

Stadion BJ Habibi juga jadi tempat angker buat tim lawan musim ini. Dari 15 laga di sana, PSM selaku tuan rumah baru sekali kalah dan sekali imbang, sisanya berlalu dengan kemenangan.

Catatan 13 kemenangan itu juga jadi yang terbaik di antara tim manapun dalam konteks laga kandang. Persija memang belum terkalahkan, namun hanya 11 laga kandang saja yang berhasil dimenangkan.

4 dari 5 halaman

Comeback Terbanyak

Rekor berikutnya bisa dibilang buruk, bisa juga dianggap bagus. PSM Makassar tercatat lima kali melakoni comeback di Liga 1 2022/2023.

Catatan tersebut bisa diartikan bahwa mental PSM sangat teruji, tetapi juga bisa berarti PSM sering telat panas.

Apapun itu, PSM saat ini memimpin 10 poin dari Persib. Hanya saja, Maung Bandung masih menyimpan dua pertandingan tunda, termasuk laga panas kontra Persija.

5 dari 5 halaman

Posisi PSM saat Ini

Shin Tae-yong Punya Cara Cerdik Bantai Irak

Video Populer

Foto Populer