Sukses


BRI Liga 1: Selain Larangan Bertanding, Kiper Persib Kena Sanksi Tambahan dari Komdis PSSI

Bola.com, Jakarta - Penjaga gawang Persib Bandung, Teja Paku Alam harus absen lawan Persik Kediri pada pertandingan lanjutan kompetisi Liga 1 musim 2022/2023 di Stadion Pakansari Cibinong, Kabupaten Bogor, Rabu (8/3/2023).

Itu terjadi setelah pemain bernomor punggung 14 di Persib ini mendapatkan hukuman tambahan dari Komite Disiplin (Komdis) PSSI karena dinilai melanggar Kode Disiplin PSSI Tahun 2018.

Berdasarkan salinan keputusan Komite Disiplin PSSI pada sidang tanggal 6 Maret 2023, Teja dapat hukuman tambahan karena dinilai melakukan tindakan tidak sportif dan tidak fair play dengan cara menghalau bola dengan tangan di luar kotak penalti saat Persib kontra Barito Putera di Stadion Demang Lehman, 27 Februari 2023 lalu.

Dalam pertandingan itu, Teja langsung diganjar kartu merah oleh wasit yang membuatnya harus absen pada pertandingan melawan Persija Jakarta yang akhirnya ditunda.

“Merujuk pada pasal 49 ayat 1 huruf (a) dan ayat 2 Kode Disiplin PSSI tahun 2018, sdr. Teja Paku Alam diberikan hukuman tambahan larangan bermain sebanyak satu pertandingan sejak keputusan ini diterbitkan dan berlaku pada pertandingan terdekat,” tulis surat keputusan bernomor 109/LI/SK/KD-PSSI/III/2023.

 

2 dari 4 halaman

Tambahan Denda

Selain itu, Teja juga mendapatkan hukuman denda sebesar Rp10.000.000. “Pengulangan terhadap pelanggaran terkait di atas akan berakibat terhadap tambahan hukuman yang lebih berat,” tulis surat keputusan tersebut.

Pelatih Persib Luis Milla mengakui bahwa Persib Bandung tidak bisa menurunkan Teja karena telah menerima kartu merah di laga sebelumnya.

"Teja merupakan kiper kami tapi sebelumnya melakukan kesalahan, tetapi ini sepak bola dan ini permainan," cetus Milla.

 

3 dari 4 halaman

Pengganti Teja

Sepak bola itu diakui Milla sangat memungkinkan pemain melakukan kesalahan dan itu hal normal dalam sepak bola melakukan kesalahan. Persib sendiri lanjut Milla masih memiliki kiper yang mumpuni untuk mengawal gawang Maung Bandung.

"Kami masih bisa menurunkan Reky Rahayu karena dia sudah siap dan juga sudah melakukan persiapan. Dan masih ada lagi kiper yang lain siap diturunkan," ucap Milla.

4 dari 4 halaman

Posisi Persib saat Ini

Video Populer

Foto Populer